SCC Mengayuh Sepeda Menuju Surga Alam di Lereng Marente

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Sumbawa Cycling Club (SCC) merupakan sebuah komunitas sepeda yang dibentuk sejak 4 bulan lalu, kini memulai gregetnya dengan menggelar even Tourbike to Marente. Sekitar 70 lebih peserta mengayuh sepedanya menuju surga alam di lereng Marente.

Para peserta yang terdiri dari berbagai komunitas itu, membawa sepeda masing-masing ke Taman Mangga Sumbawa Besar pada Jumat pukul 14.00 wita untuk proses loading atau dimuat ke atas dua armada truk. Sekitar 3 jam kemudian, proses loading sepeda telah selesai dilakukan untuk selanjutnya diamankan di Kompi B Labuhan Badas. Disamping truk, ada juga beberapa peserta yang mengangkut sepeda dengan mobil pribadi.

Keesokan harinya, yakni pada hari Sabtu Pagi pukul 07.00 wita, para peserta beranjak dari Taman Mangga Sumbawa Besar dengan menggunakan 3 unit bus serta sejumlah mobil pribadi menuju lokasi start di depan Kantor Camat Buer yang berjarak sekitar 62 kilometer dari kota Sumbawa Besar.

Sementara armada truk yang pengangkut, sudah berangkat lebih dulu guna mempersiapkan sepeda para peserta di tempat start.

Di lokasi start, para peserta disambut dengan ramah oleh sejumlah wanita cantik srikandi Buer serta sejumlah aparat Kepolisian Sektor Alas.

Persiapan start peserta di depan Kantor Camat Buer

Start pun dimulai dari Buer menuju Kecamatan Alas yang jaraknya sekitar 6,6 km. Setibanya di depan Terminal Alas, para peserta disambut dengan ramah oleh Camat Alas M Lutfi Makki beserta emak-emak dan gadis-gadis cantik.

Ketua Dewan Pembina Sumbawa Cycling Club (SCC), Abdul Rafiq didampingi Ketua SCC, Didi Dirgantara dan jajaran pengurus SCC lainnya membagikan masker bersama aparat Polsek Alas kepada para pengguna jalan yang sedang melintas.

Tourbike berlanjut menuju Desa Marente yang jaraknya sekitar 11 km dari Alas. Di sepanjang perjalanan, para peserta kian bersemangat sambil menikmati udara segar di tengah hamparan area persawahan dari sebelah kiri dan kanan jalan.

Tourbike berakhir di sebuah resto milik warga yang letaknya sekitar 100 meter di tepi aliran sungai Bendung Marente. Kembali, para peserta disambut hangat oleh sejumlah gadis cantik yang kemudian mengajak peserta untuk senam aerobik.

Seusai senam dan rehat sejenak, para peserta dipersilahkan untuk bernyanyi diiringi pemandu musik di area resto. Ada juga peserta yang menjajal arung jeram di sungai yang dipenuhi batu tersebut. Setelah itu peserta menikmati kuliner khas Sumbawa yakni singang ikan nila, pelu pudak, goreng sampi dan lain-lain.

Ketua SCC, Didi Dirgantara mengatakan, kegiatan Tourbike ke Marente ini merupakan even pertama yang dilakukan SCC pasca dibentuk Agustus lalu. Menurutnya, even ini terselenggara berdasarkan gagasan spontanitas dari rekan-rekan SCC. “Ini produk gagasan spontanitas dari teman SCC. Saat kami berdiskusi ringan selepas gowes di seputaran Samota, ada yang mengusulkan agar sekali-kali kita mengadakan tourbike ke obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa. Kemudian kami sepakat menuju obyek geowisata Marente di wilayah Kecamatan Alas,” papar Didi.

Tourbike ini diikuti oleh 70 peserta lebih, meliputi anggota SCC, Agogo, Utan CC, Buer CC, Alas Barat CC dan lain-lain.

Demikian pula disampaikan Ketua Dewan Pembina SCC, Abdul Rafiq. “Terus terang saya kaget, ide spontanitas ini rupanya bisa terselenggara jauh dari ekspektasi. Luar biasa atusiasme rekan-rekan peserta,” ujar Rafiq yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa ini.

Tourbike ini, lanjut Rafiq, juga dirangkaikan dengan pembagian masker, sekaligus mengajak masyarakat unyuk mengikuti anjuran pemerintah melakukan vaksinasi Covid-19.

Disamping itu, tourbike ini juga bertujian sebagai ajang promosi obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa. (PSa)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *