Milad Muhammadiyah ke-109 di Sumbawa, Ini kata Ketua DPRD Sumbawa

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Hari Ahad 12 Desember 2021 menjadi momentum yang sangat membahagiakan bagi insan Muhammadiyah di Kabupaten Sumbawa, karena di miladnya yang ke 109, ada tiga bangunan amal usaha Muhammadiyah diresmikan oleh Bupati Sumbawa.

Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Sumbawa, Ustadz Faisal, SAg menyatakan bahwa membangun Amal Usaha tidak langsung besar, tapi diperlukan ketelatenan dan Istiqomah. “Membangun amal usaha ini adalah sebagai wujud bahwa Muhamadiyah itu gerakan Islam lewat Pendidikan, kesehatan, Sosial, kemasyarakatan dan lainnya. Semua ini tidak akan terwujud tanpa pengurus yang benar-benar memahami khittoh perjuangan Muhammadiyah,” paparnya.

Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada para pimpinan sebelumnya, yakni H.L. Zainal Arifin, S. Pd. (selaku anak pewakaf yaitu Lalu Akang Zainuddin alias Dea Radan Akang), Drs. H. Naziruddin Lambaji, M.Si yang telah meletakkan dasar. “Dan saya sebagai pelanjut sehingga berwujud markas ini yang sudah terbangun, yakni SD Terpadu Muhammadiyah Lalu Akang Zainuddin, Panti Asuhan Putri Nyai walidah Aisyiyah Sumbawa, Masjid, Rumah Imam dan Radio Insania Sumbawa yang masih menunggu izin operasional,” beber Ustadz Faisal yang saat ini tengah menempuh pendidikan tinggi pasca sarjana di Universitas Teknologi Sumbawa.

Kemudian ia juga nrnyampaikan ucapan terima kasih banyak atas bantuan khususnya kepada Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq SH, yang telah menyisihkan Pokok Pikiran (Pokir) nya di tahun 2021 ini. Demikian pula Pokir dari Achmad Fahri, Anggota DPRD Sumbawa yang juga telah memberikan Pokir nya di 2021 ini. “Demikian juga kepada para donatur yang tidak bisa kami sebut satu per satu. InsyaAllah menjadi amal jariyah bapak ibu semua,” harap Ustadz Faisal.

Dijelaskan Ustadz Faisal bahwa amal usaha Muhammadiyah berjalan secara bertahap. “Kita bisa melihat dari MBS attanwir, kemudian sekarang SD Muhammadiyah dan kemudian amal-amal usaha yang lainnya, Insya Allah bertahap akan menjadi besar. Tidak langsung mulai dari besar, semua dimulai dari kecil dan penuh kesabaran dengan secara simultan dan terus menerus. Itulah ruh yang dimiliki oleh Muhammadiyah sebagaimana yang ditanamkan oleh Kyai Haji Ahmad Dahlan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati Sumbawa diwakili oleh Staf Ahli Bupati Drs. Zainal Abidin, Kadis Dikbud, Kadis Sosial, Keluarga Pewakif, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sumbawa beserta Majelis dan Lembaga Pimpinan Daerah Aisyiyah Sumbawa beserta Majelis dan Lembaga Organisasi Otonom di Bawah Muhammadiyah.

Juga hadir Pimpinan Amal Usaha, yakni Direktur RSSM PKU Muhammadiyah Sumbawa dr. Selvi, pimpinan amal usaha pendidikan dan sosial, Tamu undangan dan para santri panti dan SD Terpadu Muhammadiyah Lalu Akang Zainuddin.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq menyampaikan ucapan selamat Milad ke-109 Persyarikatan Muhammadiyah. Menurut Rafiq, Muhammadiyah telah memberikan kontribusi besar dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia hingga hari ini.

Rafiq mengatakan, sikap optimis Muhammadiyah dalam membantu pemerintah bangkit dari pandemi Covid-19 menjadi teladan bagi masyarakat. “Kita juga selalu mendukung atas kepedulian PDM Muhammadiyah terhadap anak-anak yatim,” kata politisi PDI Perjuangan yang dikenal memiliki kepekaan sosial yang tinggi ini.

Menurutnya, ini adalah sesuatu yang sangat mulia dan luar biasa. “Dari sahabat-sahabat kita di Muhammadiyah, kita bisa belajar bagaimana menyantuni anak yatim piatu, dengan sikap yang optimis,” tuturnya, Senin (14/12/2021).

Rafiq yang juga ketua Ikatan keluarga Lombok Sumbawa ini mengaku optimism Muhammadiyah dalam menghadapi proses pembangun amal usahanya tidak terbentuk secara tiba-tiba. Melainkan lahir dari pengalaman sejarah dan komitmennya terhadap keutuhan NKRI. “Muhammadiyah memiliki pengalaman yang matang dalam menata dan mempersiapkan ummat dalam menghadapi masa depan sesuai tantangan zaman. Berapa banyak rumah sakit, sekolah dan pelayanan lain yang diberikan, wujud dari pengabdian Muhammdiyah kepada bangsa ini, tak terkecuali di Sumbawa,” ucapnya.

Rafiq mengajak masyarakat agar meneladani semangat optimisme dan pengabdian yang telah dicontohkan oleh Muhammadiyah. “Dengan semangat ini, saya optimistis Sumbawa dapat bangkit dari pandemi dan dapat saling membantu antar sesama secara lebih luas,” tutupnya. (PSmakruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *