Wabup Sumbawa Prihatin Kebakaran Hutan Terjadi di Banyak Tempat

Sumbawa, PSnews – Hingga akhir Agustus lalu, tercatat ada puluhan titik lokasi terhadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Sumbawa. Terhadap kejadian itu, Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah mengaku sangat prihatin, dan juga berterima kasih kepada jajaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sumbawa dalam kesigapan mengatasi kebakaran yang terjadi.

Mahmud Abdullah

Dalam upacara Senin pertama Bulan September 2019 yang digelar pada Senin (2/9/2019) di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Haji Mo – panggilan akrab Wabup mengungkapkan, sampai 31 Agustus 2019, terdapat 25 kejadian kebakaran hutan dan lahan yang ditangani oleh Dinas Damkar Kabupaten Sumbawa. ‘’Hal ini seharusnya menjadi keprihatinan dan perhatian kita semua bahwa memasuki musim kemarau seperti saat ini, kebakaran hutan dan lahan terjadi di banyak tempat, yang disebabkan baik karena faktor ulah manusia yakni melakukan pembakaran untuk pembukaan lahan, maupun yang terjadi karena faktor alam,’’ tuturnya.

Pada kesempatan itu, Wabup berterima kasih dan memberi penghargaan kepada Dinas Damkar, atas kesigapan dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang marak terjadi di daerah ini.

Wabup juga mengapresiasi dan mendukung penuh langkah Kapolres Sumbawa yang akan menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Sumbawa, untuk memberikan efek jera kepada para pelaku, sebab dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan lahan ini sangat serius, antara lain berdampak pada rusaknya ekosistem hutan, asap yang ditimbulkan akan menjadi polusi udara dan juga bisa mengganggu jarak paWabup Sumbawa Prihatin Kebakaran Hutan Terjadi di Banyak Tempatndang, kebakaran hutan akan menyebabkan hutan menjadi gundul sehingga tak mampu menampung cadangan air saat musim hujan, dan berkurangnya sumber air bersih karena kebakaran hutan menyebabkan hilangnya pepohonan yang dapat menampung cadangan air. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *