Sumbawa Gagal Jadi Tuan Rumah Sail Indonesia 2017

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa dikhabarkan gagal menjadi tuan rumah diadakannya puncak Sail Indonesia tahun 2017. Pemerintah Pusat telah menunjuk Kota Sabang – Provinsi Aceh sebagai lokasi pelaksanaan Sail Sabang dan Sail Indonesia 2017 yang akan dihelat pada tanggal 1 – 7 Desember 2017.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa – Junaidi yang ditemui media ini diruang kerjanya membenarkan hal tersebut. Dijelaskan, acara puncak Sail Indonesia 2017 ada tiga daerah yang diusulkan yakni, Bali, Sabang (Aceh) dan Sumbawa (NTB). Pada Agustus 2016 lalu tim dari Pusat sudah meninjau lokasi di Kabupaten Sumbawa. “Tiga daerah ini sudah tentu masing-masing berupaya keras untuk bisa terpilih. Bahkan pak Bupati juga sudah ke Pusat. Tapi bagaimana pun Pusat juga punya target lain, walaupun kita juga sudah dikunjungi, tapi ternyata pusat memilih Sabang,’’ tukasnya.

Dalam kunjungan Tim Pusat waktu itu, lanjut Junaidi, awalnya Sumbawa menyodorkan Dusun Limung sebagai lokasi rencana puncak Sail Indonesia yang bertajuk Sail Moyo. Namun menurut tim, lokasi Limung terlalu jauh dengan pemukiman, sehingga dinilai saat acara puncak itu agak sulit untuk konsentrasi massa. Kemudian tim ditawari Pantai Saliper Ate, dan lokasi tersebut dianggap strategis. Cuma mungkin karena penataan pantai Salipre Ate yang masih kurang, dan pada saat itu pula cukup banyak sampah dilokasi, makanya tim belum bisa menunjuk Sumbawa sebagai lokasi puncai Sail Indonesia 2017. “Untuk 2018 akan kita coba. Kita harapkan tahun 2018 bisa masuk usulan dan terpilih. Makanya dari sekarang kita mulai benahi Saliper Ate dan objek wisata lainnya,’’ terangnya.

Walaupun puncaknya di Sabang, namun Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu lokasi yang rencananya juga akan dikunjungi peserta Sail Indonesia 2017. Kapal yang start dari Australia rencananya juga akan bersandar di perairan Kabupaten Sumbawa. Hal ini pun dianggap suatu hal yang positif, sebagai langkah awal memperkenalkan Kabupaten Sumbawa kepada wisatawan mancanegara. “Terhadap hal ini, kita waktu itu sudah diundang pusat untuk rapat persiapan Sail Indonesia 2017. Untuk di NTB, Sumbawa dan Lombok Utara juga menjadi calon yang dijadikan tempat transit. Sehingga sudah ada gambaran dari para pelancong itu terhadap Sumbawa. Tinggal sekarang kita persiapkan diri. Makanya kita dalam tahun ini harus melakukan pembenahan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.