Pulau Moyo Segera Miliki Puskesmas

Sumbawa, PSnews – Pemkab Sumbawa terus melakukan upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan pembangunan puskesmas di Pulau Moyo Kecamatan Labuhan Badas, yang rencananya dilaksanakan dalam tahun ini.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa – Naziruddin menjelaskan, lokasi rencana dibangunnya Puskesmas ini di Desa Sebotok. Hal ini berdasarkan hasil konsultasi yang dilakukan bersama Bupati Sumbawa. ‘’Penentuan lokasinya sudah saya konsultasikan khusus dengan Bupati. Kita berikan kajian-kajian dan beliau juga merestui kita untuk bangun di Sebotok,’’ terangnya.

Diungkapkan, Detail Engineering Design (DED) bangunan Puskesmas itu juga sudah selesai. Tinggal pembangunannya yang akan dibiayai melalui dana alokasi khusus (DAK) sekitar Rp 2,6 miliar. Saat ini, pihaknya sedang menyiapkan dokumen-dokumen untuk segera dilakukan lelang untuk pengerjaan fisik. ‘’Pembangunannya itu sekalian dengan sarana dan prasarana, walaupun masih terbatas. Temasuk juga tenaga kesehatannya yang kita sediakan. Karena tidak akan bisa jalan puskesmas itu kalau tidak ada tenaga,’’ ujarnya.

Puskesmas Moyohulu Direlokasi
Pada tahun ini juga Pemkab Sumbawa akan merelokasi Puskesmas Moyohulu. Proses penyerahan lahan untuk lokasi Puskesmas masih ditangani di bagian pertanahan. Rencana lokasi untuk bangunan yang baru ini di sekitar depan SMAN Moyohulu, dengan luas lahan diatas 1 hektar.
“Kenapa perlu direlokasi, karena Puskesmas yang ada sekarang tidak bisa lagi dikembangkan karena terlalu sempit,’’ tuturnya.

Ketika bangunan Puskesmas Moyohulu ini nanti sudah berdiri, maka terhadap bangunan lama akan dimanfaatkan untuk kegiatan lain. Tapi yang jelas nantinya harus sesuai dengan petunjuk Bupati, karena ada beberapa eks Puskesmas juga seperti di Empang dan Utan yang hingga kini belum dimanfaatkan. “Itu bidang aset yang atur,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *