Banjir Sumbawa, Wabup : Selamatkan Orangnya Dulu

Sumbawa, PSnews – Setelah melakukan peninjauan lokasi banjir di dalam kota Sumbawa Besar, Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah meninjau lokasi banjir di Kecamatan Moyo Hilir. Terhadap penanganan awal ini, Wabup menegaskan kepada semua pihak agar menyelamatkan warga yang terkena dampak terlebih dahulu, supaya tidak muncul korban jiwa dalam kejadian ini.

“Yang penting orangnya dulu diselamatkan dulu. Setelah air surut, baru fasilitas lainnya,’’ tutur Wabup kepada wartawan saat meninjau Posko banjir di Desa Kakiang Kecamatan Moyo Hilir Kamis (9/2/2017).

Diungkapkan, ada beberapa kecamatan di Kabupaten Sumbawa yang terkena banjir, yakni Kecamatan Tarano, Empang, Maronge, Lape, Moyo Hilir, Moyo Utara, Sumbawa, Labuhan Badas. Untuk data yang pasti, sejauh ini belum diketahui. Mengingat hingga sore luapan air di sejumlah Kecamatan masih tinggi, terutama diwilayah DAS. ‘’Belum diketahui untuk data kerugian harta benda, untuk korban jiwa juga belum. Mudah-mudahan tidak ada. Itu masih ditata,’’ terangnya.

Selain Wabup, Sekda Sumbawa – Rasyidi bersama Asisten II dan III juga melakukan tinjauan ke lokasi banjir di Kecamatan Moyo Utara. Diwilayah tersebut, ada sekitar 1.372 KK yang terkena dampak banjir, yakni di Desa Songkar, Pungkit, Baru Tahan, Kukin dan Penyaring. “Untuk sawah ada di atas 100 hektar yang terendam,’’ terang Camat Moyo Utara – Tajuddin.

Terhadap bencana banjir ini, semua pihak bergerak melakukan penanganan. Baik itu Tagana, PMI, TNI, Polri, serta lainnya. Bahkan sudah lebih dari 4.000 bungkus nasi yang telah disebarkan pihak Tagana ke sejumlah Kecamatan yang terkena banjir sejak beberapa hari lalu. Termasuk tim kesehatan pun sudah mulai ditempatkan pada posko-posko bantuan di tingkat Kecamatan. Untuk posko induk, Pemkab Sumbawa membuka posko di Wisma Daerah. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *