PEPEHANI Sumbawa Usul Penambahan Kuota Pengiriman Ternak

Sumbawa, PSnews – Jumlah kuota pengiriman ternak keluar daerah pada tahun 2016 lalu dinilai masih kurang oleh Persatuan Pedagang Hewan Nasional Indonesia (PEPEHANI) Kabupaten Sumbawa. Sehingga mereka menginginkan adanya penambahan kuota untuk tahun 2017 ini.

Kepada Pulau Sumbawa News, Ketua Pepehani Sumbawa – Ridwan menjelaskan, untuk tahun 2016 jumlah kuota pengiriman ternak yang diberikan kepada Kabupaten Sumbawa sebesar 13.500 ekor. Oleh para pengusaha jumlah tersebut dianggap belum cukup, sehingga harus ada penambahan ditahun 2017. “Jumlah itu tidak cukup. Kita inginkan penambahan lagi untuk bisa mencukupi teman-teman pengusaha itu,’’ tuturnya.

Terhadap besaran kuota pengiriman ternak ke luar daerah untuk tahun 2017 belum diketahui, sebab Dinas Peternakan Provinsi NTB belum mengundang Pepehani untuk rapat terkait kuota tersebut. Yang jelas untuk tahun 2017 ini, pihaknya akan mengusulkan penambahan jumlah kuota. Apalagi Kabupaten  Sumbawa  memiliki populasi ternak yang cukup tinggi dibandingkan Kabupaten/Kota lainnya di NTB.

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan dinas teknis pada setiap bulan Desember. Sebagai mitra dari Dinas Peternakan, pihaknya menginginkan hal itu segera dilakukan untuk memberikan kepastian berapa jumlah kuota yang diberikan kepada Sumbawa tahun ini. “Karena sekarang belum rapat untuk kuota 2017, kita tidak tahu nantinya itu berapa, Dinas Peternakan Provinsi yang punya gawe itu,’’ pungkas Ridwan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *