Bupati Awali Safari Ramadhan di Tanah Kelahiran

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa HM Husni Djibril dan Wakil Bupati Mahmud Abdullah melaksanakan kegiatan safari ramadhan tahun 2016 pertama kali di Kecamatan Utan pada Kamis (9/6/2016). Kegiatan ini diikuti anggota Forkopimda, para Kepala SKPD, serta lainnya. Mereka melaksanakan sholat isya dan tarawih berjamaah di Masjid Besar Al-Ishlah Kecamatan Utan, sekaligus memberikan bantuan bagi sejumlah desa di wilayah sekitar.

Bupati Sumbawa beri bantuan danaBantuan yang diserahkan Bupati secara simbolis berupa uang yang bersifat khusus dengan total sebesar Rp 1,13 milyar yang diperuntukkan bagi pembangunan di Desa Bale Berang, Desa Jorok, Desa Jurumapin, Desa Motong, Desa Orong Bawa, Desa Pukat, Desa Satowe Berang, dan Desa Tengah, serta untuk pembangunan masjid Al-Ishlah Kecamatan Utan.
Bantuan kegiatan Kelautan dan Perikanan diberikan untuk Desa Labuhan Bajo, Dusun Labuhan Bua, Desa Pukat, dan Kecamatan Utan, dengan total RP 1,409 milyar. Dan bantuan dalam bidang pertanian berupa alat bantu mesin pasca panen.
Selain dari Pemda Sumbawa, bantuan ini juga dari sejumlah Perbankan di Sumbawa untuk pembangunan Masjid Al-Ishlah. Termasuk dari Kementerian Agama Sumbawa juga memberikan bantuan berupa Al Qur’an.

Dalam sambutannya, Haji Husni mengaku bangga dan berterima kasih kepada warga Utan karena telah mempercayakan dirinya bersama Haji Mo untuk mempimpin Sumbawa lima tahun kedepan. “Saya merasa bangga karena biasanya saya berdiri di sini sebaagi tokoh masyarakat Utan. Tapi hari ini, yang berdiri di sini adalah Husni Djibril orang asli Utan yang dipercaya untuk memimpin Sumbawa. Terima kasih yang sebesarnya kepada semua,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati bercerita sedikit tentang rencana awal dibangunnya Masjid tersebut. Sudah cukup lama berdiri, namun belum juga tuntas pembangunannya. Untuk itu Pemda tergugah untuk memberikan bantuan. Termasuk Bupati juga menggugah para pejabat yang hadir untuk bisa menyumbangkan dana bagi pembangunan Masjid tersebut. “Mari kita gerakkan semangat bersedekah ini, karena ini bulan yang bagus, bulan yang penuh berkah. Bantuan yang saya berikan ini bukan dari saya, tapi dari Pemda,’’ ajaknya.

Sementara kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Sumbawa, bukan hanya di Kecamatan Utan. Bupati meminta agar menyampaikan usulannya ke Pemda, untuk kemudian dijadikan bahan pertimbangan dalam pembangunan. Apa yang menjadi usulan akan diupayakan terealisasi, sesuai dengan kemampuan anggaran daerah. “Saya akan bergerak untuk masyarakat di Kabupaten Sumbawa. Untuk itu berlomba-lombalah dengan kecamatan lain. Utarakan apa kebutuhan masyarakat mulai dari awal tahun ini. Ini bukan untuk Utan saja, tapi juga untuk kecamatan lain. Ini sekaligus untuk menepis anggapan yang mengira saya tidak adil,’’ tukas Bupati.

Setelah Bupati menyampaikan sambutannya, dilanjutkan dengan sholat tarawih dan witir berjamaah. Sementara untuk Jumat (10/6/2016), safari ramadhan dilaksanakan dalam dua tim. Yakni Tim Bupati Sumbawa ke Kecamatan Tarano, dan Tim Wabup ke Kecamatan Alas Barat. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *