Farouk Muhammad Serap Aspirasi di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Wakil Ketua DPD RI – Farouk Muhammad melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumbawa Rabu (30/3/2016). Kedatanganya didampingi sejumlah pejabat tinggi dari Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, untuk menyerap aspirasi di daerah. 
Pertemuan dilakukan di aula lantai 1 kantor Bupati. Farouk dan rombongan disambut Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa – A Rahman Alamudy, perwakilan Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa, kepala SKPD dan staf ahli Bupati.

Dalam sambutannya, Wakil Buati Sumbawa  Mahmud Abdullah mengatakan, kehadiran Wakil Ketua DPD RI ini menjadi pemacu semangat untuk mewujudkan Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat. Melalui kesempatan ini pihaknya akan memaksimalkan pertemuan untuk membicarakan pembangunan jalan transmigrasi di Kecamatan Plampang, pembangunan Bendungan Labangka Komplek dan proyek-proyek PUPR lainnya di Kabupaten Sumbawa.
Dalam pelaksanaan pembangunan di daerah, kata Haji Mo sapaan akrab Mahmud Abdullah, secara subtansial semua program dan kegiatan yang muncul benar-benar diupayakan mencerminkan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut penting untuk menjamin agar setiap fasilitas yang dibangun pemerintah tidak akan sia-sia karena tidak dimanfaatkan masyarakat.
Selanjutnya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Tana Samawa ada tiga prinsip yang menjadi pondasinya. Ketiga prinsip tersebut meliputi prinsip keberlanjutan, sinergitas dan percepatan. “Kami menyadari dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki daerah ini, tentu dukungan pemerintah pusat sangatlah dibutuhkan. Untuk itu bantuan dari lembaga legislatif seperti DPD-RI sangat besar pengaruhnya dalam menyampaikan aspirasi yang dibutuhkan daerah ini sehingga dapat diakomodir dalam program-program pemerintah pusat,’’ tuturnya.

Sementara Wakil Ketua DPD RI – Farouk Muhammad menyatakan, kehadirannya untuk mensinergikan aspirasi agar bisa dibawa ke pusat dan dapat direalisasikan. Secara parsial, perlu dibangun komunikasi apa yang akan dan sudah diusulkan daerah ke pusat, agar dapat disampaikan kepadanya selaku senator asal NTB. “Tolong siapkan usulan akan langsung kami komunikasikan dengan Kementerian terkait, misalnya pembangunan terminal, perpanjangan runway bandara dan pembangunan beberapa bendungan termasuk Labangka Komplek,’’ tukasnya.
Terlebih lagi kedatangannya didampingi para pejabat Kementerian PUPR yang mendapat instruksi langsung dari Menteri untuk mengakomodir usulan yang kemudian direalisasikan, meski dilakukan secara bertahap.

Di tempat yang sama, Direktur Pembangunan Jalan Kementerian PUPR – Achmad Gani Gazali menyatakan, masukan dari Wabup Sumbawa akan segera dibahas. Untuk jalan nasional akan diupayakan pengalokasiannya di APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Sedangkan jalan daerah, ada rencana strategis (Renstra) di Subdin Fasilitas Jalan. Ketika ada permintaan atau usulan ada mekanisme yang harus ditempuh agar dapat dicantumkan dalam program jalan daerah. “Inilah yang kita identifikasi dengan menyerap informasi di daerah untuk dibahas dan diprogramkan,’’ ujarnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *