Antisipasi Karhutla, Polres Sumbawa Lakukan Patroli

Sumbawa, PSnews – Jajaran Polres Sumbawa melaksanakan patroli di hutan jati wilayah Kecamatan Batu Lanteh Kabupaten Sumbawa, pada Selasa (1/9). Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tengah cuaca kemarau saat ini.

Diketahui, musim kemarau yang berkepanjangan membuat lingkungan menjadi gersang, ranting daun pohon yang  sudah mengering, ditambah dengan tiupan angin kencang tentu sangat rentan dengan kebakaran hutan dan lahan. Melihat kondisi itu, Satuan Sabhara Polres Sumbawa yang dipimpin Kasat – Iptu Mulyadi, bersama anggota melaksanakan patroli secara intensif  menyusuri hutan guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Batu Lanteh. ‘’Hutan di wilayah Kecamatan Batu Lanteh merupakan sumber mata air, yang airnya dimanfaatkan sehari-hari oleh masyarakat Desa dan masyarakat Kota Sumbawa,’’ terangnya.

Sementara Kapolres Sumbawa – AKBP Widy Saputra mengatakan, di tengah pandemi covid-19 menuju Era Kebiasaan Baru berbagai upaya dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sosialisasi maupun himbauan baik melalui media masa, media elektronik dan media cetak sudah dilakukan, mengajak masyarakat untuk ikut mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Diungkapkan, kebakaran hutan disebabkan beberapa faktor diantaranya kebiasaan oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab dengan membuang puntung rokok sembarangan pada kawasan hutan, membuka hutan dengan cara dibakar, termasuk cuaca yang sangat panas disertai angin yang kencang. ‘’Kami harap semua pihak untuk bersama ikut bertanggungjawab mengantisipasi dan mencegah karhutla,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *