Pemda Targetkan Bangun Bendungan Kerekeh Tahun 2021

Sumbawa, PSnews – Pembebasan lahan pembangunan bendungan Kerekeh di Kecamatan Unter Iwes diperkirakan mencapai Rp 98 Miliar. Dalam hal ini, Pemda Sumbawa menargetkan pembangunan bendungan dimaksud pada tahun 2021 mendatang.

Adapun lahan yang akan dibebaskan dalam pembangunan bendungan tersebut, yakni 60 hektar lahan sawah, 96 hektar tegalan, dan 141 hektar kawasan hutan. ‘’Ini karena berdasarkan hasil study yang sudah dilakukan oleh Tim BWS NT-I itu ada pembebasan lahan yakni sekitar Rp 98 miliar,’’ ungkap Kabag Pertanahan Setda Sumbawa – Khairuddin kepada wartawan.

Khairuddin

Pemda Sumbawa melalui Asisten Administrasi Umum dan Bagian Pertanahan Setda Sumbawa telah mencari dana dukungan alternatif pembiayaan pembebasan lahan dimaksud. Sebab, sangat berat jika Pemda Sumbawa yang mengkaver sendiri biaya tersebut. Mengingat, beban anggaran Pemda tahun 2020 sudah sangat besar, terlebih lagi akan mengahadapi Pilkada.

Dilanjutkan, pembangunan bendungan Kerekeh harus sudah dimulai di tahun 2021, sehingga tahun 2020 anggaran pembebasan lahannya harus sudah jelas. Karena BWS menginginkan adanya komitmen sumber anggaran pembebasan lahan dimaksud untuk melenjutkan tahapan berikutnya. ‘’Upaya kita mungkin dalam minggu ini pak Asisten III akan melobi ke Kementerian PU atau Kementerian Keuangan. Sangat kita harapkan. Nanti skemanya seperti apa kita belum tahu, kita harapkan full, kalau sekala nasional, anggaran segitu tidak masalah,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *