Bupati Sumbawa : Peran PMI Sangat Dirasakan Manfaatnya

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa melalui Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa – L. Suharmaji membuka secara resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan se-Kabupaten Sumbawa, Jumat (2/8/2019) di Aula Hotel Cendrawasih.

Disampaikan, PMI merupakan salah satu garda terdepan dalam menangani masalah kemanusiaan. PMI merupakan tempat bernaungnya orang-orang yang berorientasi untuk membantu meringankan beban orang lain. Peran tersebut tentunya tidak terlepas dari dukungan segenap komponen masyarakat, baik dalam bentuk donasi maupun dukungan moril dalam rangka mengembangkan tanggung jawab kemanusiaan. ‘’Alhamdulillah sampai dengan saat ini, peran PMI sangat kita rasakan manfaatnya. PMI tidak hanya bertugas saat melakukan donor darah, tetapi juga ikut terlibat dalam menangani berbagai bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial kemanusiaan. Kita patut bersyukur bahwa PMI selalu hadir di segala bencana di indonesia termasuk di kabupaten sumbawa. Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada para pengurus maupun staf dan relawan yang telah bekerjasama dalam mengemban tugas-tugas kemanusiaan. Mari kita terus berusaha berbuat yang terbaik, agar kita semua yang berada di sini, ke depannya dapat menjadi pioner pelayanan kemanusiaan sesuai dengan prinsip-prinsip kepalangmerahan,’’ tuturnya.

Diharapkan materi yang didapatkan oleh peserta pada kegiatan ini dapat lebih komprehensif, menyangkut pemahaman tentang organisasi PMI, pengetahuan mengenai kepalangmerahan serta penguatan karakter dan nilai-nilai kepalangmerahan sehingga dapat terimplementasikan dalam manajemen dan pelayanan PMI ke depannya. Karena potensi bencana kemanusiaan ke depan boleh jadi tidak akan lebih ringan dibandingkan dengan keadaan masa sekarang. Sehingga diperlukan langkah-langkah antisipasi yakni dengan menggalang seluruh potensi yang ada dalam masyarakat. Bukan hanya aspek finansial, tetapi juga dalam bentuk dukungan moril terhadap tugas-tugas pengelolaan transfusi darah, pelayanan sosial dan kesehatan, serta pembinaan generasi muda melalui aktivitas KSR (Korps Suka Rela).

Sebelumnya sambutan Ketua PMI Sumbawa melalui Wakil Ketua II – Andi Rusni menyatakan, kegiatan ini merupkan bagian lain dari upaya mengkonsolidasikan organisasi memberikan pemahaman dan penguatan terutama kepada pengurus PMI kecamatan yang belum mengenal PMI, sehingga nantinya diharapkan bahwa organiasasi ini tidak hanya berada di dataran Kabupaten saja tetapi harus menjelma sampai ketingkat yang paling bawah, yaitu ditingkat-tingkat kecamatan. Bersama para relawan bahwa tantangan PMI akan besar kedepannya, bahwa tidak bisa dipungkiri tantangan global yang berkaitan dengan bencana alam dan bencana lainnya menuntut organisasi seperti PMI untuk siap siaga kapan pun dan di mana pun. Disampaikan Perkembangan PMI di kab. Sumbawa juga tidak terlepas dari bantuan Pemerintah Daerah dan  PMI Kab. Sumbawa juga telah mencanangkan kegiatan ambulan gratis dan kegiatan pelayan air bersih yang telah dilakukan pendistribusian sebanyak 24 tangki air bersih ke beberapa desa yang dilanda kekeringan. “Kami berharap pemerintah tetap memberikan dukungan kepada kami, karena apa yang kami lakukan tentu juga tidak terlepas dari apa yang dialami oleh masyarakat kita. Kami juga berharap hubungan baik yang telah tebangun selama ini tetap kita laksanakan dan bangun bersama, sehingga kami betul-betul mampu berperan di tengah-tengah masyarakat membantu tugas-tugas pemerintah daerah nantinya, salah satunya apa yang kami lakukan pada hari ini,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *