Kantor PTAMNT Sumbawa Didatangi Pendemo

Sumbawa, PSnews – Sejak peralihan manajemen dari PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) ke PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) beberapa bulan lalu, perhatian perusahaan terhadap masyarakat dinilai kian merosot. Sehingga wajar bila kehadiran PTAMNT mulai diragukan eksistensinya oleh warga Sumbawa, terutama yang berkaitan dengan kesungguhan perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Langkah efisiensi besar-besaran yang dilakukan oleh perusahaan mulai menimbulkan rasa pesimis masyarakat terhadap pola manajemen yang tidak berpihak terhadap kepentingan masyarakat dan karyawan. Sehingga wajar bila ada sebagian warga yang mengekspresikan kekecewaannya dengan cara menggelar aksi demonstrasi di Kantor PTAMNT pada Selasa (15/8/2017).

Mereka mendesak perusahaan melakukan sosialisasi kegiatan dan program yang dijalankan hingga ke tingkat kecamatan. Mereka menilai sejauh ini perusahaan hanya menggelar sosialisasi di tingkat Kabupaten. “Kami minta lakukan sosialisasi ke kecamatan. Selama ini kami dengar, katanya tidak ada lagi sosialisasi,’’ kata Guntur Saputra, salah seorang demonstran, saat diterima oleh perwakilan PTAMNT.

Menanggapi hal itu, General Supervisor External Relationship PTAMNT – Zulkarnaen Kuin menjelaskan, sosialisasi merupakan sebuah keharusan bagi investor yang tertuang dalam perundang-undangan. Sejak bernama PTNNT, pihaknya telah melakukan sekitar empat kali sosialsasi di Kabupaten Sumbawa. “Di sana kami paparkan apa yang akan dilakukan, kapan mulai kegiatan, hingga posisi tenaga kerja,’’ terangnya.

Menurutnya, hingga saat ini sosialisasi tetap dilakukan meski secara informal melalui mitra yang tersebar di berbagai kecamatan. Mitra tersebut, saat ini diisi oleh sedikitnya 35 orang eks pekerja PTNNT yang bertugas untuk menyampaikan dan menjawab seluruh pertanyaan masyarakat terkait kegiatan perusahaan. Menurutnya, sosialisasi informal dinilai lebih efektif dibandingkan formal. “Misalnya ada orang yang malu bertanya dalam situasi formal, maka dengan sambil duduk-duduk, orang itu tentu bisa bertanya. Artinya, kami lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,’’ tandasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *