Peduli Bima, RSJ MS NTB Turunkan Tim Kesehatan Jiwa

Mataram, PSnews – Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana banjir bandang di Bima, terutama bagi anak-anak dalam mengatasi masalah trauma, Rumah Sakit Jjiwa Mutiara Sukma (RSJ MS) akan memberikan dukungan kesehatan jiwa dan psikososial untuk korban banjir Bima.
“Kegiatan ini juga didukung oleh Kemenkes dan Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PP PDSKJI),” jelas Direktur Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Provinsi NTB – dr. Elly Rosita Wijaya, Sp.KJ.,MM kepada media ini, Kamis (29/12).

Psikiater yang diterjunkan ada dua orang yang bertugas secara bergantian memberikan pelayanan kesehatan jiwa d RS Lapangan dengan bantuan Kemenkes dan PP PDSKJI.
“Tim II akan selesai bertugas oada hari Sabtu. Kemudian akan digantikan psikiater lain yang akan bertugas pada hari Minggu hingga Selasa,” jelas dr Elly.

Selain dua tenaga psikiater dari RSJ MS, terang Elly, juga ikut serta 10 orang relawan dari Lembaga Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan juga turut bergabung ikut terjun bersama dalam aksi peduli ini.
“Jadi, tim yang kami kerahkan ini berjumlah 20-an orang diantaranya dua orang psikiater dan beberapa tenaga kesehatan dari RSJ MS ditambah 10 orang dari LPA dan Pemberdayaan Perempuan,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari pusat, kemungkinan Pengurus Pusat PDSKJI juga akan mengirim psikiater. Begitu pula Kemenkes RI. “Kemungkinan minggu depan mereka PP PDSKJI dan Kemenkes akan berangkat ke Bima,” tambah Elly yang juga menjabat sebagai  Ketua PDSKJI Cabang NTB,
Sebelum diterjunkan, kata Elly, tim terlebih dulu sudah diberikan pembekalan khusus selama melakukan kegiatan di Bima yang difokuskan untuk screening. “Tim I kemarin sudah menyelesaikan tugasnya dan berjalan baik. Sekarang Tim II bertugas mengembalikan keceriaan anak-anak kita,” terangnya.
Ia juga mengungkapkan, di Bima tim bekerja efektif selama tiga (3) hari, selanjutnya akan dirolling dengan tim berikutnya yakni Tim III dari PDSKJI Pusat. Dalam hal ini, pihaknya akan berupaya maksimal dengan harapan keceriaan mampu menghiasi kembali kondisi anak-anak pasca bencana. “Yang pasti, inilah bentuk dukungan dan kepedulian kita untuk Bima,” kata Elly.
Lebih jauh dijabarkan perempuan yang dikenal ramah ini, pihaknya juga menyediakan bantuan paket lain yang dibawa ke Bima seperti paket kebutuhan anak, paket sekolah, tas, alat tulis, susu kotak, biskuit, alat kebersihan diri, dan kebersihan rumah. “Nanti akan kami sesuaikan berdasarkan situasi dan kondisi di lapangan. Dan semoga upaya kami ini bermanfaat dalam menolong sesama,” tutup Elly.
Sekedar diketahui, Tim yang diterjunkan ini sebagai bentuk kepedulian sekaligus Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (DKJPS).
Adapun nama-nama tim khususnya Psikiater dari PDSKJI terdiri dari, dr. Elly Rosila SpKJ, dr Dian  VitarA SpKJ (K), dr Emmy Amalia SpKJ, Dr. Arimawati, Nalurita Palupi MPsi, Nengah Darteyasa Ners, Ns. Siti Dian Lestari R Ners, Mujiasih SKM, Arif Rahman tim PKRS dan Sahnan Driver. (PSbo)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *