Inilah Pesan Bupati pada 19 Kades Terpilih

Sumbawa, PSnews – Pelantikan Kades terpilih akhirnya dilaksanakan pada hari Senin 10 Oktober 2016 di Aula Kantor Bupati Sumbawa. Namun dari 20 desa yang melaksanakan Pilkades serentak, hanya 19 Kades terpilih yang dilantik.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa H M Husni Djibril mengatakan, pelantikan ini merupakan puncak dari produk demokrasi yang telah berlangsung beberapa waktu lalu di tingkat desa yaitu pemilihan kepala desa serentak. Pilkades serentak tahun ini merupakan Pemilihan Kades serentak pertama yang dilakukan dengan mengelompokkan waktu berakhirnya masa jabatan Kepala Desa.
Proses pergantian kepemimpinan desa melalui pemilihan kepala desa serentak adalah suatu hal yang biasa dalam pemerintahan. Untuk itu hendaknya kegiatan ini dapat dijadikan momentum sekaligus sebagai titik awal untuk menyelenggarakan pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati berikan ucapan selamat pada 19 Kades terpilih
Bupati berikan ucapan selamat pada 19 Kades terpilih

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sumbawa, saya mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang pada pemilihan kepala desa serentak beberapa waktu lalu telah berhasil merebut simpati mayoritas masyarakat dan dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Kepala Desa periode 2016-2022. Saya berharap agar saudara-saudara  selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat desa di tempat saudara bertugas,’’ tutur Haji Husni.

Bupati menegaskan, bahwa penyelenggaraan Pemerintahan Desa merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Kepala desa sebagai salah satu unsur penyelenggara Pemerintahan Desa merupakan unit terdepan atau ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga menjadi faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah yaitu terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Penyelenggaraan Pemerintahan Desa merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Oleh karena itu Kepala Desa mempunyai kedudukan yang strategis selaku pemimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa.
“Melalui kesempatan ini, saya mengingatkan kepada Kepala Desa terpilih agar selalu terbuka terkait dengan pengelolaan keuangan desa, dimana setiap kepala desa agar berhati-hati dalam perencanaan anggaran, penggunaan anggaran, sampai dengan pelaporan anggaran. Pergunakanlah anggaran yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta selalu melibatkan setiap unsur masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan desa sehingga tercipta hubungan yang baik dan saling memberi masukan antara kepala desa dan masyarakat. Kepada para Kepala Desa terpilih saya minta saudara untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawab saudara. Sebagai seorang pemimpin hendaknya dapat menerima kritik dan saran dari masyarakat serta melaksanakan tugas yang telah diamanahkan dengan segenap kemampuan yang ada,’’ pesan Bupati.

Adapun Kades terpilih yang dilantik diantaranya, Kades Lamenta Kecamatan Empang, Kades Simu Kecamatan Maronge, Kades Pungkit Kecamatan Lopok, Kades Pelat Kecamatan Unter Iwes, Kades Lenangguar Kecamatan Lenangguar, Kades Kukin Kecamatan Moyo Utara, Kades Berang Rea, Mokong dan Kades Lito Kecamatan Moyo Hulu, Kades Serading, Kakiang, Batu Bangka, dan Olat Rawa Kecamatan Moyo Hilir, Kades Bale Brang dan Pukat Kecamatan Utan, Kades Labuhan Jambu Kecamatan Tarano, Kades Labuhan Mapin Kecamatan Alas Barat, Kades Sebotok Kecamatan Labuhan Badas, dan Kades Tepal Kecamatan Batu Lanteh. Hanya Kades Ledang kecamatan Lenangguar yang tidak dilantik pada pelaksaan hari ini, karena masih ada putusan sela di PTUN Mataram. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *