Kades Ledang Terpilih Tidak Ikut Pelantikan Serentak

Sumbawa, PSnews – Dari 20 desa yang mengikuti Pilkades serentak tahun ini, hanya 19 Kades terpilih yang dilantik oleh Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril di Kantor Bupati pada Senin (10/10/2016). Sementara satunya lagi yakni Kades Ledang terpilih terpaksa tidak bisa ikut dilantik lantaran masih dalam proses gugatan di PTUN Mataram.

Buati yang ditemui usai pelantikan, menjelaskan, Kades Ledang terpilih belum bisa dilantik hari ini karena ada putusan sela PTUN Mataram atas gugatan Pilkades Desa setempat. Sehingga, Bupati hanya bisa melantik 19 Kades terpilih saja. “Hanya 19 Kades terpilih yang bisa kami lantik hari ini,’’ tuturnya kepada wartawan.

Diungkapkan, isi putusan sela PTUN Mataram atas Pilkades Ledang yakni meminta agar menunda pelantikan Kades Ledang terpilih. Atas dasar itu, maka pihaknya menghormati putusan tersebut. Dan memilih untuk tidak melantik satu Kades terpilih yang melaksanakan Pilkades serentak tahun ini.

Dengan begitu, saat ini pihaknya sedang menunggu hasil putusan dari PTUN Mataram. Apapun yang menjadi putusannya nanti, Pemkab Sumbawa siap melaksanakan. “Kita tetap taat hukum,’’ tandas Bupati.

Diungkapkan alasan dilantiknya Kades terpilih pada hari ini karena sudah masuk batas akhir 30 hari kerja, sejak diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Kades terpilih oleh Bupati. Pelantikan yang dilakukan tersebut tanpa menunggu proses hukum pada Pilkades lainnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *