Sentra IKM Dibangun Tahun Ini

Sumbawa, PSnews – Dalam tahun ini, Pemerintah Pusat akan membangun sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Sumbawa dalam tahun ini. Rencana pembangunannya di lahan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang sudah diserahkan ke Pemkab Sumbawa.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumbawa – Zainal Abidin mengungkapkan, pembangunan sentra IKM ini ditangani langsung Kementerian Koperasi dan UKM RI dengan anggaran sekitar Rp 65 miliar. Dan saat ini sedang dalam proses tender.

Pembangunan Sentra IKM ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahap di lahan seluas 5 hektar. Dalam tahun ini rencananya dibangun sejumlah fasilitas, seperti pintu gerbang, kantor pengelola, jalan, serta sejumlah ruangan seperti toko untuk ditempatkannya produk industri lokal Sumbawa. “Kita hanya menerima pembangunannya. Nanti setelah itu, kita akan kerja sama dengan UTS untuk mengisi ruangan dan menempatkan sentra-sentra industri kecil yang ada,’’ terangnya.

Menurutnya, tidak ada hal yang spesifik terkait produk industri yang akan ditempatkan di lokasi tersebut. Yang jelas, produk industri tersebut bisa dikembangkan dengan baik, dan bahan bakunya bisa berkelanjutan. “Seperti program Pijar (Sapi, Jagung, Rumput Laut) rencananya akan kita kembangkan disana. Tentu nanti bukan hanya pengolahannya saja, tapi sekalian dengan sistem pengepakannya,’’ paparnya.

Sebelumnya, Direktur Jendral Pengembangan Kewilayahan Industri Kementerian Perindustrian dan UKM – Ignatius Warsito sudah melakukan kunjungan ke Kabupaten Sumbawa guna melihat langsung lahan yang akan dijadikan sebagai sentra IKM. Termasuk bertemu dengan Pimpinan Daerah untuk membicarakan rencana tersebut. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *