Puskesmas Moyo Hulu Diusulkan Relokasi

Sumbawa, PSnews – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa mengusulkan agar Puskesmas Moyo Hulu dapat direlokasi. Lokasi yang ada saat ini tidak dapat dikembangkan karena luasannya sangat sempit. Demikian disampaikan Sekretaris Dikes – Junaidi kepada media ini Selasa (22/03/2016).
Usulan ini juga pernah disampaikan masyarakat Moyo Hulu melalui Camat setempat, baik pada Musrenbang maupun di kesempatan lainnya. Dengan adanya usulan tersebut, Pemda pun berencana merealisasi pemindahan dengan syarat, sudah ada lahan yang tersedia. “Kalau sudah ada lahannya dalam tahun ini, kami akan masukkan pada tahun anggaran 2017 untuk pembangunannya,’’ jelasnya.

Menurut Jun – panggilan akrabnya, ada alternatif lain ketika lahan baru untuk pembangunan tidak ditemukan yakni lokasi yang ada diperluas kebelakang. Artinya Pemda membayar rumah penduduk yang ada di belakang Puskesmas yang kemudian disatukan dengan rumah dinas yang ada. “Ada alternatif kalau tidak ada lahan di tempat lain. Di belakang itu ada rumah dinas dan ada juga rumah penduduk. Itu bisa diperluas ke belakang. Rumah dinas itu akan dibongkar dan ditambah dengan rumah penduduk, sehingga lahannya menjadi luas,’’ terangnya.

Selain itu, pihaknya juga sedang mengkaji untuk relokasi Puskesmas Batulanteh. Di lokasi yang ada saat ini posisinya berada di atas bukit. Sehingga cukup menyulitkan bagi pasien yang datang, terutama ibu hamil. “Kalau (Puskesmas) Batulanteh belum, nanti kita kaji. Posisinya di atas bukit. Bayangkan kalau ibu hamil ke sana. Sehingga perlu difikirkan untuk relokasi,’’ demikian Jun. (Psg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *