Peringatan Hari Guru Diwarnai Sejumlah Kegiatan Unik

Sumbawa, PSnews – Hari guru yang bertepatan dengan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) diperingati setiap tanggal 25 Nopember.  Khusus di SMAN 1 Sumbawa, peringatan hari guru tersebut diwarnai sejumlah kegiatan unik. Kegiatan diawali dengan upacara seremonial peringatan hari guru atau HUT PGRI di lapangan SMAN 1 Sumbawa pada Rabu pagi. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan baca do’a bersama sebagai wujud rasa syukur atas karunia Tuhan yang maha esa kepada para guru. Kegiatan tersebut melibatkan siswa sekolah tersebut. Hari guru di SMAN 1 Sumbawa BesarKemudian disambung dengan pengumuman pemenang sejumlah mata lomba yang digelar seminggu sebelum peringatan hari guru. Semua mata lomba tersebut melibatkan para guru dan siswa-siswanya.

Wakasek Kesiswan SMAN 1 Sumbawa, Drs. Suherman, mengatakan, mata lomba tersebut antara lain pertandingan futsal antar kelas dan guru, tenis lapangan antar guru. Yang paling special di hari puncak yakni lomba bakar ikan antar guru dan memindahkan belut dari satu ember ke ember lain antar guru.

Kesan dan pesan yang hendak disampaikan terangnya, sesuai dengan tema hari guru tahun ini, Solid dan Solidaritas. Maka guru diharapkan semakin solid dan solidaritas semakin tinggi, professional dalam bertugas dan bermartabat.

“Tantangan ke depan, karena semakin canggih teknologi informasi di media social, tentu guru tidak boleh terlena dan harus meningkatkan profesionalisme. Terutama dalam membangun akhlak dan budi pekerti siswanya,” ujar Suherman.

Sementara para siswa yang ikut merayakan hari guru tersebut, memberikan surprise atau kejutan bagi guru mereka di kelas masing-masing. Tradisi tersebut telah diwariskan secara turun temurun dari angkatan ke angkatan berikutnya. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *