Apa Kata Timses Husni-Mo Jelang Mutasi ?

Sumbawa, PSnews – Mutasi jabatan di lingkup Pemkab Sumbawa dalam kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati HM Husni Djibril dan Mahmud Abdullah direncanakan akan dilakukan pada minggu ketiga bulan Agustus mendatang. Apa kata Ketua Timses Husni-Mo – Syamsul Fikri terhadap rencana reposisi jabatan struktural di Pemkab Sumbawa tersebut?
Syamsul Fikri yang ditemui Kamis (28/7/2016) menilai, dalam pengamatannya sejauh ini sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) telah memperlihatkan keberhasilan dalam bekerja. Seperti halnya Kepala Dinas Diknas -Sudirman Malik yang dinilai mampu membawa dunia pendidikan di Kabupaten Sumbawa jauh lebih baik. Begitu pula dengan Kepala DPPK – Baharuddin yang dianggap sangat memahami tugas dan fungsinya. “Yang jelas, masalah mutasi ini kewenangan penuh Bupati. Tapi apabila kami (Timses) dimintai saran dan masukan, maka inilah penilaian kami,’’ ujar Ketua DPC Partai Demokrat yang juga sebagai Ketua Komisi I DPRD Sumbawa ini.

Terhadap kinerja sejumlah pimpinan SKPD lain juga dinilai cukup baik. Namun agar lebih memberikan hasil yang lebih, maka perlu dilakukan perombakan, seperti posisi pimpinan di Dinas PU. Walaupun di sisi lain kinerjanya dinilai cukup baik dalam menjalankan tugasnya. Khususnya untuk lebih memaksimalkan semua pelaksanaan proyek fisik ke depannya. Termasuk bagi BAPPEDA yang menurut Fikri perlu ada penyegaran.

Sementara SKPD lain yang dianggap lemah kinerjanya yakni Dishubkominfo, terutama dari segi pengaturan dan tata ruang. Meski diakui dalam beberapa tahun terakhir Dishubkominfo berhasil memberikan kontribusi positif bagi daerah, dengan memperoleh penghargaan dari Pemerintah Pusat.

Begitu juga dengan Dinas kehutanan, Fikri menilai masih memiliki kelemahan dalam mengatasi kasus illegal loging di daerah. Bahkan Ia menganggap jika Bupati tidak turun tangan melakukan intervensi, maka praktik illegal loging sampai sekarang belum mampu diatasi dengan maksimal.

Kendati para pemimpin di masing-masing SKPD tersebut adalah orang yang tidak lagi diragukan kemampuannya, namun kedepan masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) daerah yang harus dituntaskan. “Menurut saya semua ASN yang ada di eselon dua sangat bagus dalam bekerja. Tapi itu pun tidak cukup. Selain mempunyai disiplin ilmu, juga yang penting adalah harus mampu mengimbangi kinerja Bupati dan Wakil Bupati serta mempunyai visi dan misi pemerintahan yang bersahabat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *