Enam Puskesmas di Sumbawa Diusulkan Akreditasi

Sumbawa, PSnews – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa belum lama ini telah mengusulkan enam Puskesmas di Kabupaten Sumbawa untuk bisa mendapatkan akreditasi. Keenam Puskesmas yang diusulkan tersebut, yakni Puskesmas Unit I Sumbawa, Unit 2 Sumbawa, Labuhan Badas, Unter Iwes, Alas dan Empang. Namun dari jumlah itu, baru puskesmas Empang saja yang terakreditasi.

Demikian diungkapkan Kepala Dikes Kabupaten Sumbawa – Didi Darsani kepada wartawan belum lama ini. Penilaian dilakukan langsung oleh Tim Asessor yang ditunjuk Kementerian Kesehatan yang sebelumnya sudah melakukan peninjauan ke Puskesmas Empang.

Dijelaskan, untuk mendapat status akreditasi sebuah Puskesmas suatu hal yang cukup sulit. Pasalnya Puskesmas bersangkutan harus menerapkan standar pelayanan minimal di semua lini, baik terkait tata kelola, fasilitas, komitmen, hingga pemberdayaan masyarakat dan yang paling utama adalah standar pelayanan. Semuanya harus sesuai standar yang telah diatur dalam Permenkes. “Jadi untuk saat ini baru Puskesmas Empang saja yang dinilai. Sedangkan Puskesmas yang lainnya belum dilakukan, karena tim asessor ini jumlah anggotanya terbatas. Jadi mereka tidak mampu menghandel semua yang kita ajukan,’’ terangnya.

Didi menilai, semua Puskesmas yang diajukan tersebut sudah memenuhi kriteria untuk mendapatkan akreditasi karena pelayanan yang diberikan kepada masyarakat cukup baik.
Meski baru satu Puskesmas di Kabupaten Sumbawa yang telah terakreditasi, Didi memastikan sejumlah Puskesmas lainnya juga tidak kalah bersaing, khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat. “Cuma itu tergantung tim asessor kapan bisa datang melakukan tinjauan,’’ pungkasnya.  (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *