Dikes Akui Ada Penarikan Biaya Kesehatan CJH

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 325 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Sumbawa dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci Mekah pada bulan Agustus dan September mendatang. Sejauh ini sejumlah kegiatan sudah dilaksanakan, termasuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, Drs Didi Darsani Apt yang ditemui Pulau Sumbawa News Rabu (27/7/2016) menjelaskan, dalam pemeriksaan kesehatan CJH, pihaknya bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Sumbawa khusus. Sehingga Dikes menunjuk UPT Puskesmas Unit II Sumbawa sebagai lokasi pemeriksaan. Dan kegiatannya pun sudah dilakukan beberapa waktu lalu. “Semua calon jamaah haji diperiksa di sana (Puskesmas Brang Biji). Tapi sebelumnya mereka diperiksa awal dulu di Puskesmas Kecamatan masing-masing,’’ terangnya.

Diungkapkan, bahwa pemeriksaan kesehatan tersebut bersifat menyeluruh terutama yang menyangkut ketahanan fisik para CJH. Pemeriksaan itu ditangani langsung tenaga kesehatan independent. “Tim medis yang menangani itu independen. Kalau kesehatannya buruk, maka tim akan menyatakan dengan tegas bahwa yang bersangkutan tidak boleh berangkat. Kalau dulu masih bisa (ada toleransi),’’ tuturnya.

Dalam pemeriksaan itu, lanjut Didi, CJH diberikan dua vaksin, yakni vaksin maningitis yang diberikan secara gratis, dan vaksin influenza yang ditarik biaya Rp 250 ribu per orang. Biaya tersebut dikenakan sesuai SK Bupati Sumbawa. “Yang jelas untuk vaksin itu ada dua macam, ada yang dibayar sendiri dan ada yang gratis. Untuk pembayarannya memang sudah ditetapkan dengan SK Bupati,’’ tandasnya.

Diakuinya, memang sempat ada yang mempertanyakan terkait pembayaran tersebut sebab pada saat dilakukan penarikan tidak disertai kwitansi. “Kemarin saya sempat tegur petugas, kenapa tidak diberikan kwitansi. Lalu pada hari berikutnya mereka langsung tindaklanjuti dengan memberikan kwintansi pada CJH,’’ demikian terang Didi.

Data yang diperoleh Pulau Sumbawa News dari Kantor Kementerian Agama Sumbawa, sebanyak 325 CJH asal Kabupaten Sumbawa yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini. Mereka terbagi dalam dua kloter yakni kloter 7 sebanyak 285 CJH yang rencananya berangkat dari Sumbawa pada 30 Agustus 2016, dan kloter 10 sebanyak 40 CJH rencananya berangkat pada 4 September 2016. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *