Awasi Orang Asing, Imigrasi Bentuk Sekretariat Tim PORA

Sumbawa, PSnews – Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa Besar bakal membentuk Sekretariat Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Namun untuk lebih mengoptimalkan tugas pengawasannya, bakal dibentuk pula Tim Sekretariat di Kecamatan, mengingat sering ditemukannya keberadaan orang asing di Pulau Sumbawa ini.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa – Syahrifullah yang ditemui wartawan menjelaskan, pembentukan sekretariat rencananya dilakukan dalam tahun ini. Tahap awal dibentuk di tiga kecamatan yakni Kecamatan Alas Barat dan Tarano di Kabupaten Sumbawa, serta di Kecamatan Sekongkang KSB. ‘’Insya Allah dalam waktu dekat kita bentuk,’’ terangnya.

Diungkapkan, dipilihnya tiga kecamatan ini sebagai tempat pembentukan sekretariat tim PORA, karena berada di ujung Kabupaten. Selain itu, dimungkinkan banyak keberadan orang asing di wilayah setempat. “Tahun ini di tiga kecamatan. Tapi kita juga berencana membentuk sekretariat di semua kecamatan pada tahun 2017, baik di Sumbawa maupun Sumbawa Barat,’’ jelasnya.

Sejauh ini, pihaknya tetap melakukan monitor dan koordinasi untuk pengawasan di wilayah Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima. Meski diakuinya saat ini tengah dalam masa transisi karena di wilayah setempat juga sudah ada kantor Imigrasi. Hanya saja pengawasan yang dilakukan tidak seperti yang dilakukan di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. “Kita tidak boleh lengah terhadap keberadaan orang asing ini,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *