Perlu Dilakukan Revitalisasi Puskesmas

Sumbawa, PSnews – Untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap pasien terutama di Puskesmas, maka perlu dilakukan revitalisasi terhadap seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Sumbawa. Menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa – Kamaluddin, revitalisasi penting dilakukan agar tidak lagi merujuk pasien ke Rumah Sakit.

Sejauh ini, kata Kamaluddin, fasilitas di Puskesmas sangatlah terbatas, sehingga penanganan pasien banyak yang terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit. Apalagi sulitnya akses transportasi terutama di sejumlah daerah pelosok. Bila kondisi ini dibiarkan, maka akan semakin menunjukkan adanya kesenjangan di bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Untuk itu, lanjut Kamal, perlu dilakukan revitalisasi Puskesmas. Hal ini penting dilakukan sehingga masyarakat yang berobat di Puskesmas tidak perlu lagi dilarikan ke rumah sakit ketika membutuhkan penanganan segera. “Kalau sebelumnya Puskesmas tidak bisa menangani pasien gawat darurat, maka dengan adanya kelengkapan peralatan termasuk tenaga medis pasien di Puskesmas, tidak perlu lagi dibawa ke rumah sakit,’’ paparnya.

Selain itu, masih terjadinya kesenjangan antara petugas medis di rumah sakit dengan di Puskemas. Dimana beban tugas yang mereka jalani relatif sama, sementara dari segi tunjangan kinerja berbeda. Karena petugas di Puskesmas tidak mendapatkan tunjangan. “Inilah yang perlu kita benahi. Supaya  pendekatan pelayanan di masyarakat berjalan baik,’’ tuturnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *