Tahun Depan Ada Penambahan Mobil Damkar

Sumbawa, PSnews – Dari empat armada pemadam kebakaran yang ada di UPT Pemadam Kebakaran Sumbawa, hanya dua yang masih dalam kondisi baik. Sisanya sudah tidak layak, karena berusia belasan tahun. Namun, pada tahun 2017 mendatang Kabupaten Sumbawa akan mendapatkan tambahan armada baru dari Pemprov NTB.

Demikian diungkapkan Kepala BPBD Sumbawa – Mukmin kepada wartawan Senin (30/5/2016). Saat ini mobil damkar yang siap beroperasi hanya dua saja. Sementara dua lainnya belum bisa diandalkan dengan aktif, walaupun sudah dilakukan perbaikan. Bahkan rencananya, dua kendaraan yang berusia sekitar 15 tahun ini akan dilelang. “Yang aktif sekarang ini dua armada yang masih baru. Yang lainnya umurnya diatas 15 tahun. Bisa dipakai tapi jangan dipaksa,’’ terangnya.

Menurut Mukmin, pihaknya sudah mengajukan pengadaan armada damkar ke BPBD NTB. Dan disetujui realisasinya tahun depan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) damkar. Mengingat sejauh ini, Sumbawa belum mendapatkan armada damkar dari DAK. “Insya Allah 2017 bisa terealisasi lewat anggaran DAK Damkar,’’ ujarnya.

Sebelumnya Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril pun meminta kepada BPBD Sumbawa untuk segera mengajukan pengadaan mobil damkar ke BNPB. Karena menurut Bupati, di BNPB sudah ada mobilnya tinggal Kepala Daerah melalui BPBD mengajukan untuk mendapatkan armada tersebut. Menurut Bupati, armada damkar nantinya tidak hanya didalam kota saja.  Minimal di masing-masing wilayah terdapat dua unit mobil damkar. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *