Dewan Dorong Perusda Bergerak di Penyertaan Modal

Sumbawa, PSnews – Cukup banyak industri kecil yang mulai berkembang di Kabupaten Sumbawa. Untuk menjalankan usahanya, sudah pasti pelaku usaha membutuhkan modal tambahan. Bahkan tidak jarang ada yang meminjam uang ke rentenir. Sehingga untuk meminimalisir hal tersebut, DPRD Sumbawa mendorong Perusahaan Daerah (Perusda) agar bisa bergerak di bidang penyertaan modal, guna membantu masyarakat.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa – L Budi Suryata kepada wartawan menjelaskan, beberapa hari lalu Pansus Ranperda Dewan melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung, terkait penyusunan Ranperda Penyertaan Modal. “Dari kunjungan itu ada banyak hal yang kami dapatkan dalam rangka memperkaya substansi penyusunan Ranperda dimaksud,’’ tuturnya.

Menurut Budi, di Kota tersebut ada salah satu program unik yang dijalankan, yakni program Melati (Melawan Rentenir). Jadi semua masyarakat kecil dan pedagang yang ada di Bandung akan didata dan akan diberikan pinjaman lunak dengan jumlah maksimal sebesar Rp 2,5 juta, yang diberikan kepada masing-masing kelompok dengan anggota minimal 5 orang. Sementara terhadap pinjaman tersebut para pedagang kecil ini tidak akan dikenakan bunga, namun hanya sebatas biaya administrasi saja. Sehingga industri kecil yang ada di Kota Bandung saat ini mulai tumbuh dengan pesat. “Inilah yang akan kita coba kembangkan di Kabupaten Sumbawa,’’ tandasnya.

Diungkapkan, salah satu cara untuk menjalankan rencana tersebut yakni, pihaknya akan mendorong Perusda agar bisa terlibat dalam bidang penyertaan modal. Karena saat ini cukup banyak usaha kecil masyarakat yang mulai berjalan di Kabupaten Sumbawa. Bahkan mereka masih ada yang bergantung pada rentenir dalam permodalan. Sehingga nanti,peran Perusda bisa mengakomodir para pedagang kecil yang ada. “Kalau regulasinya memungkinkan, selain Bank yang ditunjuk, Perusda pun bisa menangani hal ini. Kami akan terus dorong itu. Sehingga industri kecil yang ada di daerah ini akan lebih maksimal dalam mengembangkan usahanya,’’ demikian Budi. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *