Menteri PU PR Diminta Bangun 7 Bendungan di Sumbawa

Sumbawa, Psnews – Meski Presiden Jokowi tidak jadi menghadiri pelatakan batu pertama Ponpes Modern Internasional Dea Malela di Pamangong, Lenangguar, Selasa (09/02/2016), namun kehadiran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Men PU PR) RI Basuki Hadimuljono cukup melegakan Penjabat Bupati Sumbawa –Supran. Kesempatan itu digunakan Supran untuk meminta kepada Men PU Basuki Hadimuljono supaya membangun tujuh bendungan di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Saat memberi sambutan pada acara peletakan batu pertama ponpes Dea Malela tersebut, Supran memaparkan persoalan Sumbawa kepada Men PU PR secara langsung, terutama tentang kesulitan air bagi lahan pertanian.

Supran saat menjemput Anis Baswedan yang mendarat di Lunyuk didampingi Husni JibrilSupran berharap, semua usulan yang disampaikan bisa disetujui Men PU PR. Tujuh bendungan yang diusulkan tersebut antara lain Bendungan di wilayah Kerekeh Kecamatan Unter Iwes. Bendungan Beringin Sila di Utan, Labangka Komplek di Labangka , Tiu Rarang Kecamatan Lopok. Bendungan Sangkok Bawi di Kecamatan Plampang, Bendungan Brang Benteng Kecamatan Rhee serta Bendungan Penyempeng Kecamatan Empang.

Supaya lebih menyakinkan, ia juga menyampaikan usulan tersebut dalam bentuk proposal kepada Men PU PR. Supran juga menggaransi adanya sumber daya air di Kabupaten Sumbawa khususnya di lokasi-lokasi yang diusulkan tersebut.

“Apabila tujuh usulan tersebut direalisasi, para petani di wilayah Kabupaten Sumbawa akan sangat maju. Ribuan hektar lahan yang selama ini hanya memanfaatkan air hujan, akan bisa menggarap lahannya lebih dari satu kali setahun,” tandasnya.

Supran menambahkan, sebenarnya usulan tersebut sudah pernah disampaikan, tapi sampai sekarang belum direalisasikan. “Semoga usulan kali ini bisa benar-benar dipertimbangkan,” harapnya.

Sementara itu Menteri PU PR Basuki Hadimuljono, meyambut baik usulan tersebut. Basuki yang baru menjabat satu tahun ini berjanji akan mengevaluasi usulan itu. Terutama evaluasi secara tekhnis. Bila memenuhi syarat, maka akan diprogramkan pembangunannya secara bertahap.

Menurutnya, mungkin saja usulannya telah disampaikan ke Menteri yang sebelumnya. Tapi yang jelas ia  belum melihat usulan tersebut.

“Makanya proposal yang saya terima ini akan saya evaluasi secara tekhnis,” ungkap Basuki menutup perbincangan. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *