Dua Brand Kopi Sumbawa Ikut Ajang Festival Kopi Tanah Air di Jakarta

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq mengajak dua pelaku UMKM yang bergerak dalam pengolahan kopi organik dalam Festival Kopi Tanah Air yang akan dibuka pada hari Jumat (27/5) dan berlangsung selama 3 hari.

Ditemui oleh awak media di lokasi Festival Kopi Tanah Air, Abdul Rafiq yang juga sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan ini menyampaikan rasa syukurnya Kabupaten Sumbawa dapat mewakili NTB dalam Festival Kopi Nusantara di Jakarta. “Alhamdulillah, berbahagia sekali malam ini (26/5) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa dipercaya DPD PDI Perjuangan Provinsi NTB mewakili Provinsi NTB dalam acara festival kopi tanah air,” ungkapnya didampingi oleh dua Srikandi DPRD Kabupaten Sumbawa dari Fraksi PDI Perjuangan, yakni Dra. Saidatul Kamila dan Hj Jamila.

Rafiq membawa 2 pelaku UMKM yang memproduksi kopi Sumbawa dengan brand original coffe organik dan kopi luwak liar gunung Batulanteh produksi Madu Lestari dan kopi organik khas Desa Marente dengan Brand “Kopi Kades”. 

Menurut Rafiq, dua brand ini sengaja diambil karena sudah dikenal dan diminati oleh masyarakat Sumbawa. Dengan hadirnya di Festival Kopi Tanah Air melalui ajang yang diinisiasi oleh DPP PDI Perjuangan ini, diharapkan dapat menjadikan brand kopi Sumbawa menjadi diunggulkan tidak hanya oleh warga Sumbawa, tapi juga di Nusantara.

Di ajang nasional ini, lanjut Rafiq, pihaknya telah menghadirkan pemilik Kawa Desa, Robby Syahrullah S.Biotek dan produk Madu Lestari, M Yamin yang akan dipresentasikan oleh staf ahli DPRD Sumbawa Abdul Ma’ruf Rahmat. Kopi Kades ini merupakan kopi organik yang diproses secara tradisional dan memiliki cita rasa yang khas yaitu cita rasa coklat dan gula merah. Demikian pula kopi luwak liar Gunung Batulanteh sangat istimewa. Disamping berkhasiat bagi kesehatan juga sangat nikmat.

Rafiq menambahkan, DPP PDI Perjuangan dalam arahannya mengatakan bahwa Festival Kopi ini merupakan bukti bahwa PDIP, seperti yang disuarakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, tidak melulu berbicara soal kekuasaan, tapi juga menekankan pada kader agar terus menjalankan kerja-kerja politik kerakyatan.

Masih kata Rafiq, harapan DPP PDI Perjuangan, dengan Festival ini akan membangkitkan Kopi Tanah Air, membangkitkan petani Indonesia, membangkit semangat rakyat Indonesia, sehingga akhirnya Kopi Tanah Air merupakan Kebangkitan Nasional Indonesia.

Di tempat yang sama, Robby selaku owner Kopi Kades menjelaskan bahwa kehadirannya di festival Kopi Tanah Air ini adalah berkat support dari Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq. “Hal ini akan mengokohkan visi bisnis kami. Sesuai dengan konsep yang kami terapkan saat ini yaitu konsep sociopreneusrship dimana bisnis ini dapat bermanfaat bagi banyak orang khususnya masyarakat Desa Marente demi meningkatkan kesejahteraannya,” jelasnya. 

Berdasarkan list acara festival Kopi Tanah Air yang akan berlangsung Jum’at Siang (27/5/2022) pukul 13.15 WIB  di Parkir Timur Selatan Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Kegiatan ini rencananya akan dibuka oleh Ketua Umum PDIP dan sambutan Ketua DPR RI Ibu Puan Maharani. 

Dalam acara bertajuk Festival Kopi Kebangkitan Nasionalisme Indonesia itu, dihari pertama ada sesi Uji Cita Rasa Kopi 1000 Gelas dan Sulang Kopi Masal secara hybrid, Fress conferens dan penampilan  Tarian Nusantara dan penampilan beberapa Artis  seperti Krisdayanti, Rizky Febian dan Coffe Workshop dan juga pada hari berikutnya dimeriahkan oleh Marcell Siahaan,  Peewee Gaskins, Hivi, dan lainnya.

Selain itu, juga akan menggelar lomba barista dengan tiga kategori, yakni latte art, manual brew, dan aeropress dengan  peserta lomba  dari Aceh sampai Papua -seluruh Provinsi di Tanah Air. (PSruf)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment