Dukung Posyandu IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa Bantu Timbangan Bayi

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Pos pelayanan terpadu (Posyandu) dipandang sebagai sarana yang penting untuk mengetahui perkembangan anak. Untuk itu fasilitas yang dimiliki seyogyanya dapat terpenuhi. Hal inilah yang menjadi perhatian ikatan istri wakil rakyat (IISWARA) DPRD Kabupaten Sumbawa dalam mendorong generasi yang sehat dan berkualitas melalui pemberian bantuan peralatan timbangan bayi.

Kepada media ini (22/12) Ketua IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa, dr Selvi menyampaikan pentingnya peran Posyandu sebagai wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. “Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana,” terangnya.

Kemudian untuk mencapai tujuan Posyandu yakni, menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas, diperlukan semangat dalam mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.

Menurut dr Selvi, salah satu yang penting dalam pelayanan adalah peralatan timbangan bayi untuk menimbang bayi yang ada di wilayah kerja Posyandu.

Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS. “Dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula,” jelas dr. Selvi yang saat ini menjabat sebagai direktur Rumah sakit Surya Medika PKU Muhammadiyah Sumbawa.

Karena urgentnya keberadaan dan fungsi timbangan bayi, maka IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa memberikan bantuan kepada Posyandu di 24 kecamatan.

Kegiatan bantuan timbangan bayi oleh IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa dilakukan secara mandiri oleh Pengurus dan Anggota IISWARA bagi Posyandu di 24 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Sehingga waktu pelaksanaan diatur sesuai kondisi masing masing secara mandiri oleh IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa di kecamatan di daerah pemilihannya.

Ada beberapa nama Posyandu yang menerima bantuan Timbangan Bayi sebagai berikut :

Untuk Dapil 1 dilakukan di 3 kecamatan yakni
Kecamatan Sumbawa di Posyandu Totang Jangi, Kecamatan Moyo Hilir di Posyandu Teratai Putih 2
dan di Kecamatan Moyo Utara di Posyandu Anggrek.

Untuk Dapil 2 dilaksanakan di 8 kecamatan yakni Kecamatan Lantung di posyandu Mawar Merah 1, Kecamatan Ropang di Posyandu Terus Berjuang,
Kecamatan Moyo Hulu di Posyandu Melati Suci, Kecamatan Lunyuk di Posyandu Raflesia, Kecamatan Lopok di Posyandu Sate Sehat, Kecamatan Lape di Posyandu Bukit Haran 3, Kecamatan Lenangguar di Posyandu Mutiara dan Kecamatan Orong Telu di Posyandu Anggrek.

Adapun pembagian timbangan bayi pada Dapil 3 dilaksanakan di 5 Kecamatan yaitu kecamatan Maronge di Posyandu Simu, Kecamatan Plampang di Posyandu Al Ikhlas Karya Jaya 2, Kecamatan Labangka di Posyandu Unterengat, Kecamatan Empang di Posyandu Dara Maning, dan Kecamatan Tarano di Posyandu Ceria.

Sedangkan untuk Dapil 4 dilaksanakan di lima kecamatan yaitu Kecamatan Alas di Posyandu Tangian Kec Utan di Posyandu Bunga Eja 3
dan Kec. Rhee di Posyandu Akasia Rhee Gedong, Kecamatan Alas Barat di Posyandu Dusun Melati
dan Kecamatan Buer di Posyandu Durian 2.

Sementara di Dapil 5 dilaksanakan di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Unter Iwes di Posyandu Kamboja, Kecamatan Labuhan Badas di Posyandu Nusantara dan Kecamatan Batulanteh di Posyandu Merpati. (PSmakruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *