Kapal Perintis Tabrak Perahu Pemancing, Satu Orang Tewas

Bima, PSnews – Kecelakaan maut terjadi di Teluk Bima, Minggu, 20 Juni 2021 Pukul 18.40 Wita. Kqpal Perintis KM Meliku Nusa dikabarkan telah menabrak sebuah perahu pemancing yang menimbulkan satu nyawa melayang. Tabrakan tersebut mengakibatkan tewasnya seorang pemancing atas nama Abdul Latif Arsyad (59 tahun). Sementara rekannya yakni Ishaka Abdul Aziz (45 tahun ) dalam kondisi kritis di rumah sakit. Detelah diidentifkasi, mereka masing-masing merupakan warga Lingkungan Monggonao Kelurahan Monggonao Kota Bima.

Kasi Humas Polres Bima Kota, Iptu Jufrin menyampaikan, personel Satpol Airud Polres Bima Kota mendapat laporan terkait insiden tersebut. Dimana KM Meliku Nusa yang tengah melintas menabrak perahu pemancing, tepatnya di perairan Teluk Bima.

Menindak lanjuti informasi itu, jajaran Satpol Airud kemudian bergerak menuju TKP untuk mengevakuasi korban. “Tiba di TKP personel merapat ke KM Meliku Nusa. Keduanya sudah dievakuasi di atas kapal,” jelasnya.

Guna mendapat penanganan cepat tim medis, kedua nelayan tersebut langsung dievakuasi ke darat dan dilarikan ke rumah sakit. Hanya saja, salah seorang diantara mereka yakni Abdul Latif Arsyad tak berhasil diselamatkan. Sementara Ishaka Abdul Aziz masih dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Belum diketahui jelas penyebab terjadinya kecelakaan laut yang menelan korban jiwa tersebut. Saat ini Satpol Airud masih masih menggali keterangan sejumlah saksi dan berkoordinasi dengan KSOP Bima. “Untuk kronologi jelas belum ada. Saat ini Polairud masih koordinasi dengan KSOP Bima,” tandasnya.

Informasi yang diperoleh, kejadian tersebut berawal saat perahu yang ditumpangi A Latif dan Ishaka menuju perairan Bonto, Kota Bima untuk memancing ikan. Ketika sampai di lokasi kejadian, tiba-tiba datang KM Meliku Nusa yang berlayar dari NTT menuju pelabuhan Bima. Nahkoda kapal yang melihat perahu tersebut sempat mencoba mengambil jalur kiri dan memainkan lampu sorot untuk menghindari tabrakan. Namun perahu yang ditumpangi kedua korban tidak menurunkan kecepatan hingga memotong laju KM Meliku Nusa. Tabrakan pun tak terhindarkan.

KM Meliku Nusa dan perahu nelayan telah diamankan di wilayah Pelabuhan Bima. Para ABK dan nahkoda kapal KM Meluku Nusa juga langsung dibawa ke Polsek Pelabuhan Bima untuk dilakukan pemeriksaan. (PSp)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *