Kini Air Bersih Perumdam Batulanteh Bisa Dibayar Online

Sumbawa, PSnews – Berbagai terobosan telah dilakukan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Batulanteh Kabupaten Sumbawa, sebagai upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan dilaunchingnya pembayaran online dan sistem informasi manajemen pelanggan air (Simalar) online, yang terlaksana pada Sabtu (19/9).

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa yang diwakili Kabag Pembangunan Setda Sumbawa – Usman mengucapkan selamat kepada jajaran Perumdam Batulanteh atas dilaunchingnya sistem pembayaran online melalui aplikasi Simalar mobile ini. Pemda sangat pengapresiasi terobosan yang dilakukan, dan berharap aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat, serta dapat meminimalisir tunggakan pembayaran bulanan. ‘’Dengan demikian, adanya inovasi Simalar mobile ini sekaligus diharapkan dapat mendorong peningkatan pendapatan asli daerah di Kabuapten Sumbawa,’’ harapnya.

Selain itu, dengan aplikasi Simalar juga diharap masyarakat dapat mengetahui segala informasi tekait pelayanan Perumdam Batulanteh, termasuk cek tagihan dan melakukan pembayaran secara online kedepan. Diharapkan pula Perumdam Batulatneh dapat meningkatkan sistem yang dilakukan, terutama memperkuat aplikasi untuk memantau kewajiban para pelanggan, baik yang telah melakukan pembayaran atau yang masih menunggak.

Ditempat yang sama, Direktur Utama Perumdam Batulanteh – Juniardi Akhir Putra mengungkapkan, ada beberapa hal yang telah dilakukan dalam pendekatan ke pelanggan. Dimana pihaknya telah mengeluarkan beberapa aplikasi yang telah diuji coba selama dua bulan terakhir, antara lain Simpai Batulanteh Mobile, dimana aplikasi ini mencatat water meter yang ada di pelanggan sehingga keakuratan dari pencatatan water meter tersebut bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, Perumdam Batulanteh juga sudah bekerjasama dengan pembayaran online yang lain dan saat ini dalam proses aktifasi pembayaran online seperti Tokopedia, Bukalapak, Indomaret, Alfamart dan lainnya. ‘’Insyaa Allah awal bulan ini kita sudah mulai aktifasi dengan menggunakan pembayaran online di Indomaret dan bukalapak. Kami sudah jalan juga dengan aplikasi yang nanti akan kita demonstrasikan dengan memakai Sipoin, dimana agen-agen Sipoin kami sudah bekerjasama dengan beberapa Desa. Begitu juga dengan petugas kami di lapangan dalam proses penagihan sekarang sudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sipoin tersebut,’’ ungkapnya.

Pihaknya juga mencoba beberapa pendekatan dengan pelanggan melalui sistem aduan pelanggan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp. ‘’Nanti ada nomor Shatsapp server kami, sehingga masyarakat bisa mengadu apapun yang terjadi di lapangan terhadap pelayanan air kami, mulai dari kebocoran, kualitas air, dan lainnya. Kami juga menjalankan sistem aplikasi terpadu namanya Simalar kepada pelanggan yang bisa didownload melalui playstore,’’ tuturnya.

Selain terobosan melalui beberapa aplikasi yang dikembangkan, Perumdam Batulanteh juga berupaya mencari sumber-sumber air baku yang lain, sehingga dapat menjamin kuantitas dan kualitas air, serta kontinyuitas air untuk pelanggan di Kabupaten Sumbawa. ‘’Salah satu program kedepan Perumdam Batulanteh adalah memenuhi kebutuhan air bersih dan air minum bagi masyarakat dengan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah juga Pemerintah Provinsi dan Pusat,’’ ujar Juniardi. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *