Bupati dan Wabup Sumbawa Ikuti Upacara HUT RI di Istana Secara Virtual

Sumbawa, PSnews – Pelaksanaan upacara memperingati HUT RI ke 75 tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa – M Husni Djibril dan Mahmud Abdullah, turut mengikuti upacara detik-detik proklamasi yang digelar Istana Merdeka pada Senin (17/8). Meski tidak secara fisik berada di Istana, namun dilaksanakan secara virtual dari Kantor Bupati Sumbawa.

Selain Bupati dan Wabup, upacara tersebut juga diikuti anggota Forkopimda di Kabupaten Sumbawa, para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati. Ditengah pandemi covid-19, upacara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman kantor Bupati Sumbawa, Wabup yang bertindak sebagai Inspektur menyatakan, tema besar peringatan HUT RI ini yaitu “Indonesia Maju”, sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lebih jauh dijelaskan, Indonesia maju juga sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan dan juga kemerdekaan. Sebab, makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebatas kata, kemerdekaan adalah kesempatan, kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata, dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas. ‘’Pada hari ini, kita merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Hari dimana kita bercermin memandang sejarah dan mengapresiasi perjalanan panjang para pejuang yang telah membawa kita kepada keadaan sekarang,’’ terangnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak untuk menjadikan semangat kemerdekaan ini sebagai semangat dalam bekerja. Dimana, semangat menaikkan dan meninggikan merah putih jangan hanya diartikan sebagai meninggikan fisik dua helai kain merah dan putih semata, tetapi juga semangat dan ruh perjuangan yang terkandung di dalamnya, termasuk semangat patriotisme yang sarat akan integritas, jati diri, harga diri dan kewibawaan bangsa Indonesia. ‘’Mari kita tempa diri kita masingmasing menjadi patriot sejati, yang jujur dan berhati nurani, bersih dan dihormati. Jauhkan sifat iri dan dengki serta hasrat menghasut dan provokatif, termasuk menimbun dan menebar kebencian. Bangun sifat rendah hati, amanah dan bertanggung jawab. Berikan pengkhidmatan terbaik sesuai profesi, peran dan tanggungjawab kita masing-masing, agar esok hari daerah kita semakin berjaya,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *