Wabup Sumbawa Beri Santunan pada Sumartini

Sumbawa, PSnews – Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah menyambut haru pulangnya Sumartini Binti M Galisung – Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara, yang bebas dari hukuman mati oleh pengadilan pidana di Riyadh – Arab Saudi.

Hadirnya Sumartini di ruang Wabup pada Jumat (26/4/2019), didampingi Staf Khusus Gubernur NTB Bidang Ketenagakerjaan – Imalawati Daeng kombona, Kepala Disnakertrans Sumbawa – H Ikhsan Safitri dan jajarannya, Kades Kukin serta keluarganya.

Dalam kesempatan itu, Haji Mo – sapaan akrab Wabup sempat menanyakan kondisi Sumartini, sesekali Wabup mengajak bercanda untuk menghibur hati Sumartini setelah menjalani pengalaman pahit ketika menjadi PMI di Arab Saudi. Bahkan dalam kesempatan itu, Wabup memberikan santunan berua uang kepada Sumartini, meski nilainya tidak seberapa. “Jangan khawatir lagi, sekarang kamu sudah di Sumbawa,’’ ujar Haji Mo seraya menghibur hati Sumartini.

Terhadap kejadian itu, Wabup menekankan kepada jajarannya agar melakukan pembenahan terhadap prosedur pemberangkatan PMI ke luar negeri. Menurutnya hal ini penting supaya kejadian pahit yang dialami Sumartini tidak terjadi lagi bagi PMI lainnya. “Perlu ada pembenahan. Pembekalan juga harus diberikan kepada calon TKI,’’ pintanya.

Dalam kesempatan itu, Staf Khusus Gubernur NTB Bidang Ketenagakerjaan – Imalawati Daeng Kombona menjelaskan, pulangnya Sumartini ke kampung halaman didampingi oleh perwakilan Kementerian Luar Negeri, dan diserahterimakan pada Kamis lalu ke Disnakertran Provinsi NTB. Kemudian  dirinya diutus ke Sumbawa untuk mengantar dan menyerahterimakan kepada Pemda Sumbawa dan sekaligus mendampingi langsung pulang dan bertemu keluarganya di Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara. “Akhirnya setelah pembebasan dan tiba di tanah air, kami sangat bertanggungjawab atas kepulangan Sumartini. Sehingga kemarin penyerahan oleh Kemenlu ke Disnaker, kemudian Disnaker mengutuskan untuk penyerahan kepada Pemda Kabupaten Sumbawa dalam hal ini Wakil Bupati. Dan kami juga punya tanggungjawab untuk mengantar ke kampung halamannya di Desa Kukin, Kecamatan Moyo Utara,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *