Pembangunan Bendungan Beringin Sila Mulai Disosialisasi

Sumbawa, PSnews – Rencana pembangunan bendungan Beringin Sila di wilayah Kecamatan Utan terus dikebut oleh pemerintah. Hingga kini sudah mencapai tahap sosilisasi yang dilaksanakan oleh Bagian Pertanahan Setda Kabupaten Sumbawa di Aula Kantor Desa Motong Kecamatan Utan, pada Senin (03/04/2017).

Pantauan media ini sosiliasi berjalan lancar, serta mendapat dukungan masyarakat setempat. Kegiatan tersebut turut dihadiri beberapa instansi terkait, seperti BWS Propinsi NTB, Kadis PU Pera Kabupaten Sumbawa, Kabag Pertanahan Setda Sumbawa mewakili Bupati Sumbawa selaku Ketua Tim Persiapan Pengadaan Tanah, seluruh Kades dalam wilayah kota Kecamatan Utan, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kabag Pertanahan Setda Sumbawa, A. Haris mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan tahap awal dalam persiapan rencana pembangunan bendungan Beringin Sila, yang menjadi impian masyarakat Kecamatan Utan dan sekitarnya. Hal ini didasari dengan undang – undang nomor 02 tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, Perpres nomor 148 tahun 2015, Permen Agraria dan Tata Ruang nomor 22 tahun 2015, DPA Bagian Pertanahan Setda Sumbawa tahun 2017, serta SK Bupati Sumbawa nomor 472 tahun 2017.
“Maksud dan tujuan rencana pembangunan bendungan Beringin Sila agar tersedianya tampungan air untuk irigasi wilayah Utan dan sekitarnya. Adapun letak tanah untuk pembangunan bendungan beringin sila, terletak di wilayah Desa Motong dan Desa Stowe Brang dengan luas tanah yang dibutuhkan sekitar 215 hektar,” jelas Haris.

Ia berharap, dengan adanya rencana pembangunan Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan mendapat dukungan masyarakat terutama pemilik lahan yang akan terkena ganti rugi, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar sesuai harapan bersama. “Rencana pembangunan Bendungan Beringin Sila dilaksanakan tahun 2018 mendatang, dengan sumber anggaran dari pemerintah pusat melalui APBD Propinsi NTB,” ungkapnya.

Seperti diketahui, rencana pembangunan Bendungan sempat mendapat perhatian Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Bahkan beberapa waktu lalu, wakil rakyat asal Utan tersebut menyempatkan diri untuk berkunjung ke lokasi bersama Bupati Sumbawa Husni Djibril yang juga berasal dari Utan. (PSj)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *