Delapan Desa di Sumbawa Dapat Bantuan Sumur Bor Air Bersih

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 8 Desa di Kabupaten Sumbawa mendapatkan sumur bor air bersih yang merupakan bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Tahun Anggaran 2018. Peresmiannya pun dilakukan secara simbolis pada Jumat (1/2/2019) di lapangan Desa Lopok Kecamatna Lopok Kabupaten Sumbawa.

Pada kesempatan itu, Kepala Pusat Litbang Teknologi Mineral dan Batu Bara – Hermansyah yang meresmikan sumur bor air bersih dimaksud. Selain di Kabupaten Sumbawa, bantuan sumur bor air bersih ini juga ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan kran air tersebut turut dihadiri Inspektur V Kementerian ESDM RI, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Sumbawa, Staf Ahli Bupati Bidang Pemberdayaan Aparatur Kabupaten Sumbawa Barat, Camat Lopok serta lainnya.

Dalam kesempatan itu, Hermansyah menyatakan, Kementerian ESDM RI telah memberikan bantuan sebanyak 506 sumur bor sepanjang tahun 2018, 9 diantaranya berada di wilayah NTB dan Jumat kemarin diresmikan secara simbolis di Desa Lopok. Adapun desa lainnya yang menerima bantuan selain Desa Lopok adalah Desa Gapit, Desa Labuhan Badas, Desa Lape/Dete, Desa Semamung, Desa Selante, Desa Kiantar – KSB masing-masing sebanyak 1 unit, dan Desa pernek sebanyak 2 unit. “SAya harap masyarakat dapat menjaga dan merawat bantuan sumur bor air bersih ini dengan baik dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan, dan ke depannya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,’’ tuturnya.

Sementara, Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumbawa – Muhammad Ikhsan mengatakan, pasokan air bersih memiliki peran yang sangat penting dalam memperbaiki kondisi lingkungan maupun kesehatan masyarakat, mengurangi jumlah penderita penyakit, dan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas atau tingkat kehidupan dari masyarakat. Sejauh ini, pasokan untuk air bersih ke masyarakat masih sering menghadapi beberapa masalah yang kompleks dan belum bisa diatasi sepenuhnya.

Atas nama pimpinan daerah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa, Bupati berterima kasih kepada Kementerian ESDM khususnya pusat air tanah dan geologi tata lingkungan badan geologi atas bantuan sumur bor air bersih ini. Kedepan diharapkan semakin banyak bantuan sumur bor air bersih yang dapat diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Sumbawa, mengingat wilayah Sumbawa yang begitu luas dan masih cukup banyak daerah pemukiman yang memiliki permasalahan terhadap air bersih, dan mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sumbawa, untuk peduli terhadap lingkungan dengan menjaga kebersihan, tidak membuang limbah atau sampah ke sungai, melakukan upaya penghijauan dan tidak melakukan perambahan hutan, serta yang tidak kalah penting adalah jangan boros terhadap penggunaan air bersih. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment