HUT Sumbawa ke-60, Pemda Gelar Dzikir dan Tausiyah

Sumbawa, PSnews – Pemda Sumbawa menggelar acara Sumbawa Berdzikir dan Tausiyah pada Senin (21/1/2019) malam di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa. Kegiatan itu digelar guna memperingati HUT ke – 60 Kabupaten Sumbawa tahun 2019. Pemda Sumbawa pun menghadirkan KH. Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) sebagai penceramah.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril mengatakan, pembinaan ummat begitu penting bagi pembangunan daerah dan bangsa Indonesia. Karena keseimbangan iman dan taqwa dengan ilmu pengetahuan dan teknologi haruslah sejalan dalam kehidupan. “Iman dan taqwa diperlukan untuk mengatur hubungan antara manusia dan Tuhan-nya, sementara ilmu pengetahuan dan teknologi kebanyakan membawa perubahan gaya hidup manusia, sehingga diperlukan landasan keimanan yang kokoh agar kemajuan zaman yang ada saat ini memberi manfaat yang positif bagi kehidupan kita,’’ tutur Bupati.

Menurutnya, di era kemajuan teknologi yang serba cepat dan modern ini, cukup banyak permasalahan yang dirasakan umat Islam, terutama menimpa generasi muda. Menurutnya itu merupakan krisis moral yang ditimbulkan oleh kemajuan zaman, khususnya teknologi informasi. Sehingga sering muncul berita terkait tawuran pelajar, pergaulan asusila, kecanduan pornografi, bolos sekolah, dan menjadi budak narkoba, serta jauh dari budaya luhur ketimuran dan mengekor kepada budaya kebarat-baratan yang tak terarah. ‘’Globalisasi tentu tidak bisa sepenuhnya disalahkan, karena banyak pula dampak-dampak positif yang kita rasakan manfaatnya. untuk itu, diperlukan kemampuan kita dalam memfilter dampak-dampak negatif yang ditimbulkan globalisasi dengan cara memperkokoh keimanan dan menjalankan gaya hidup yang sesuai dengan syariat Islam,’’ ujarnya.

Untuk itu, melalui kegiatan Sumbawa Berdzikir dan Tausiyahini, Bupati berharap semua pihak dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah, serta mampu melakukan evaluasi dan introspeksi diri. Dengan demikian para pihak akan dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan zaman dan memanfaatkannya ke arah yang positif. ‘’Saya juga mengajak kita semua untuk semakin memperkuat semangat ukhuwah islamiyah(persaudaraan sesama muslim), dan juga ukhuwah wathaniah (persaudaraan setanah air). Mengingat tahun ini kita akan melaksanakan Pilpres dan Pileg, maka saya mengajak seluruh elemen masyarakat Tana Samawa untuk menyukseskan pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di wilayah Kabupaten Sumbawa. Dengan Sumbawa Bergotong Royong, saya berharap semangat kebersamaan kita akan semakin kokoh dalam membangun daerah ini ke depan demi terwujudnya sumbawa yang hebat dan bermartabat,’’ tukasnya.

Di tempat yang sama, Gubernur NTB – H Zulkiflimansyah mengaku sangat bahagia bisa hadir pada acara dimaksud, untuk mendengar petuah yang diberikan penceramah Gus Muwafik. Diharapkan dengan tausiyah tersebut mampu merayakan 60 tahun HUT Kabupaten Sumbawa dengan rendah hati, penuh doa dan Insya Allah Kabupaten Sumbawa diberikan keberkahan. “Gus Muwafik ini sangat beda dengan penceramah yang lain, beliau mampu menyampaikan agama dengan menyenangkan dan menyejukkan, karena agama bukan sesuatu hal yang menakutkan tapi bagaimana dengan agama hati kita menjadi tenang dan tenteram serta saling menghormati dengan yang lainnya. Semoga dengan ceramah yang akan beliau sampaikan untuk memberikan kita sesuatu yang akan kita bawa pulang ada sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *