194 PNS Pemkab Sumbawa Diambil Sumpah

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril memimpin pengambilan sumpah/janji ratusan PNS dari tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian serta tenaga teknis lainnya, pada Rabu (1/8) di aula H Madilaoe ADT lantai III kantor Bupati Sumbawa.

Haji Husni dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 194 PNS yang telah mengucapkan sumpah/janji untuk dapat menjalankan kewajiban sebagai seorang PNS. Dimana itu merupakan amanah dan kepercayaan yang diberikan tidak hanya dari pemerintah, namun juga merupakan amanah dan kepercayaan dari masyarakat. ‘’Oleh karena itu, saya mengingatkan kepada sahabat sekalian yang telah diambil sumpah/janji-nya pada hari ini, untuk menjalankan amanah dan kepercayaan tersebut dengan sebaik-sebaiknya. Sebab di luar sana, banyak sekali masyarakat yang bercita-cita berada di posisi saudara saat ini, namun tidak semua orang memperoleh kesempatan tersebut. Maka wujudkanlah rasa syukur atas amanah yang diembankan ini dalam bentuk semangat dan kinerja yang baik,’’ tuturnya.

Penandatanganan Sumpah Janji di hadapan Bupati Sumbawa

Bupati berpesan kepada PNS yang baru diambil sumpahnya untuk ikut membangun dan menjaga citra positif PNS dengan bekerja sebaik-baiknya dan mampu menunjukkan figur PNS yang berkualitas dan profesional, karena sejak lahirnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, telah membawa perubahan dalam kehidupan karier PNS. Selama ini, karier PNS dianggap sebagai “zona nyamannamun dengan lahirnya Undang-Undang tersebut, karier PNS menjadi “zona kompetitif”sehingga akan dicapai kinerja lembaga yang kualitasnya terus meningkat karena adanya kompetisi pegawai yang sehat dalam menunjukkan kinerjanya yang terbaik.

Disampaikan pula bahwa ada beberapa tuntutan masyarakat yang harus mampu dipenuhi oleh setiap aparatur pemerintah, yaitu bekerja dengan jujur, terbuka/transparan, demokratis, penuh perhatian kepada masyarakat, dan bebas dari KKN, dan harus mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, tanpa pilih kasih. ‘’Semoga momentum pengambilan sumpah/janji ini menjadi langkah awal untuk memberikan kontribusi yang terbaik bagi Kabupaten Sumbawa, sehingga mampu berperan aktif dalam rangka mewujudkan Sumbawa Hebat dan Bermartabat,’’ harapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumbawa A. Rahim melaporkan, jumlah PNS yang mengangkat sumpah/janji Tahun Anggaran 2018 sebanyak 194 orang, dengan kualifikasi kelompok jabatan yaitu Tenaga Kesehatan sejumlah 157 orang yang terdiri dari Dokter Umum sebanyak 4 orang, Dokter Gigi sebanyak 3 orang, dan Bidan sebanyak 150 orang. Sedangkan untuk Penyuluh Pertanian sejumlah 22 orang, dan PNS lainnya yang belum disumpah sejumlah 15 orang.

Tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pertanian yang mengangkat sumpah/janji tersebut sebelumnya telah mengikuti Diklat Prajabatan yang dilaksanakan sejak tanggal 5 Februari sampai dengan 10 Maret 2018 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi NTB di Mataram dan terbagi menjadi 5 angkatan dengan jumlah peserta 179 orang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 161 orang perempuan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *