DPRD Tampung Aspirasi Warga di Bidang Fisik, Ekonomi dan Sosbud

Sumbawa, PSnews – Anggota DPRD Sumbawa menggelar sidang paripurna terkait laporan hasil reses ditiap daerah pemilihan (Dapil) yang telah dilakukan. Rata-rata para anggota menerima aspirasi masyarakat terkait bidang fisik, ekonomi, sosial budaya (Sosbud), dan kesehatan.

Masing-masing juru bicara membacakan laporannya. Seperti juru bicara Dapil I Budi Kurniawan yang mengungkapkan, cukup banyak aspirasi masyarakat dibidang fisik seperti pembangunan sekolah, pembangunan jalan lingkungan, serta lainnya. Bidang ekonomi meliputi pengadaan alat pertanian, hewan ternak, perikanan, pembangunan jaringan listrik. Bidang pedidikan, sosbud dan kesehatan meliputi penertiban pembangunan tembok dan lokal sekolah, renopasi cagar budaya, penambahan alat kesehatan rumah sakit, puskesmas, dan postu.

Begitu pula Juru bicara Dapil II H Mustajabuddin, serapan aspirasi masyarakat bidang fisik meliputi Pembangunan jembatan yang terputus akibat bencana banjir, perbaikan jalan utama, pembangunan turap/talud/bronjong pengaman tebing, normalisasi sungai. Bidang ekonomi meliputi pengadaan mesin Bud dan jaring ikan untuk nelayan, penambahan mobil pemadam kebakaran agar bisa ditempatkan di tiap kecamatan, penambahan armada pengangkut sampah di tiap kecamatan, pembangunan PLTS dan lain sebagainya. Kemudian bidang pedidikan, sosial budaya dan kesehatan meliputi pemberian penanganan khusus bagi penyandang cacat dan orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Pemberian bantuan dana untuk pengembangan lembaga baik lembaga pendidikan maupun lembaga sosial, yayasan, dan sekolah negeri maupun swasta serta pembebasan lahan untuk tanah makam dan pembangunan rumah dinas guru di daerah terpencil.

Hal senada disampaikan juru bicara Dapil III Hamzah Abullah. Dibidang fisik seperti perbaikan jalan kabupaten terutama jalan akses ke masing-masing kecamatan dan desa, jalan lingkungan baik produk lapen ataupun rabat beton. Berikutnya perbaikan prasarana pendidikan masing-masing tingkatan dari TK/PAUD sampai dengan SMP, penyediaan sumber air bersih bagi masyarakat. Di bidang sosbud dan pariwisata kelanjutan pembangunan jalan dan jembatan samota, pemasangan pengaman pantai Jempol sampai Goa serta pembenahan Desa Wisata sebagai Destinasi Wisata andalan Kabupaten Sumbawa. ‘’Dan yang sangat memprihatinkan dua hari lalu terjadi banjir besar di dua wilayah yaitu desa Nijang Kecamatan Unter Iwes dan Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas,’’ tuturnya.

Juru bicara dapil IV Ismail menyatakan, bidang fisik meliputi pembangunan sumur bor untuk daerah tadah hujan, sarana air bersih. Bidang ekonomi meliputi penguatan lembaga UMKM, seperti pengadaan alat salon, mesin jahit, alat pembuatan kue, rombong. Dan perlindungan pedagang retail dari persaingan usaha tidak sehat. Bidang Sosbud meliputi pemetaan daerah rawan bencana, revitalisasi puskesmas, penguatan kegiatan keagamaan, pemetaan potensi wisata.

Sementara juru bicara dapil V Agus Salim membeberkan aspirasi yang telah diserap, masih terdapat lahan sekolah yang belum bersertifikat, sarana dan prasarana sekolah yang rusak parah seperti di SMPN 1 Moyo Utara, SDN Lempeh, dan kesiapan sekolah dalam pelaksanaan UNBK sehingga dibutuhkan validasi data dapodik secara berkala. Optimalisasi prestasi atlet olahraga dibutuhkan perhatian khusus Pemda bagi cabor atau para atlet berprestasi. ‘’Banyak perilaku penyalahgunaan narkoba di dalam wilayah Kota Sumbawa sehingga dibutuhkan langkah pencegahan, penindakan serta pengawasan atas bahayanya nakotika dan obat terlarang. Upaya yang perlu segera dilakukan adalah membentuk satgas anti narkoba di setiap kelurahan dan desa,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *