Disnakeswan Setuju Perusda Ikut Tangani Sumbawa Beef

Sumbawa, PSnews – Ada keinginan Perusahaan Daerah (Perusda) Sabalong Samawa membackup program strategis Pemerintah. Salah satunya di sektor peternakan ada Sumbawa Beef, yang sejauh ini belum ada perusahaan pengelolanya.

Hal ini pun mendapat respon positif dari Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa – Talifuddin. Ia menginginkan Perusda bisa menjalankan bisnis tambahan itu, ketika sudah berjalan normal. Perusda Sumbawa bisa bekerjasama dengan perusahaan luar untuk menangani bisnis tersebut. ‘’Pokoknya pengiriman ke luar daerah itu dia yang tangani. Kalau untuk Sumbawa Beef itu nantinya tidak lagi kita mengirim sapi utuh ke luar daerah. Sekarang kita masih mengirim sapi utuh,’’ terangnya kepada wartawan.

Menurutnya, penanganan Sumbawa Beef oleh Perusda bisa dilakukan mulai dari penggemukan sapi, hingga pemanfaatan rumah potong hewan yanga da di Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas. Bahkan daging yang dihasilkan nanti, selain dikirim ke luar daerah, bisa juga dijual kepada pengusaha yang ada di dalam daerah. ‘’Rumah potong kita sudah siap, tinggal siapa pengusahanya. Maka kita harapkan Perusda yang tangani nanti,’’ tukasnya.

Bahkan selain daging, lanjut Talif, dalam pengembangan sapi itu juga bisa dimanfaatkan kotorannya sebagai pupuk, dan urinenya menjadi pestisida. ‘’Jadi tidak ada yang dibuang. Dagingnya dijual, kotorannya bisa dijaikan pupuk, kemudian bisa juga pestisida untuk urinenya. Kedepan kita harapkan begitu,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *