Jokowi Urung Telekonferensi dengan Bupati Sumbawa, Diganti Menteri Jonan

Sumbawa, PSnews – Menteri ESDM RI – Ignasius Jonan menggantikan Presiden RI Joko Widodo yang sebelumnya dijadualkan melakukan Video Telekonference (VT) dengan Bupati Sumbawa HM Husni Djibril BSc, pada rangkaian acara Groundbreaking PLTMG se Nusa Tenggara dengan kapasitas 350 MW dan Peresmian PLTU Lombok Timur dengan total investasi lebih kurang sebesar Rp 6 trilyun  pada Jumat (20/10/2017).

Dalam kegiatan itu, Menteri Jonan mengatakan, pengembangan pembangkit listrik yang dibangun sendiri oleh PLN yang bertujuan untuk pemerataan kelistrikan di Provinsi NTB dan NTT, dengan harapan kebutuhan listrik di Provinsi NTB dan NTT dapat teratasi. Terkait pembangunan PLTMG se Nusa Tenggara yang ditargetkan tuntas di Tahun 2018 dan Menteri berharap tidak ada kenaikan tarif dasar listrik.

Sementara, Direktur PLN – Sofyan Basir dalam sambutannya menyatakan, kondisi kelistrikan di Indonesia saat ini sangat cukup dengan tidak ada pemadaman lagi, karena devisit daya pembangkit diseluruh sistem besar kelistrikan mengalami surplus. Untuk project yang dilakukan Groundbreaking dan akan diresmikan yaitu Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Lombok berkapasitas 150 Mega Watt yang berlokasi di Tanjung Karang Kota Mataram denga investasi Rp. 1,6 Trilyun dan menyerap tenaga kerja sekitar 400 orang. Pembangkit Listrik Tenaga Mesin dan Gas Bima dengan kapasitas 50 MW dengan total investasi Rp. 637 Milyar dengan penyerapan tenaga kerja lebih kurang 300 orang. PLTMG Sumbawa kapasitas 50 MW dengan total investasi Rp. 744 Milyar dengan penyerapan tenaga kerja 300 orang dan ditargetkan selesai pada Bulan Oktober 2018 yang akan datang.

Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril yang berada di PLTMG Badas saat menerima video konference tersebut mengungkapkan, dengan adanya pembangunan PLTMG Sumbawa 50 MW tersebut begitu menjanjikan bagi masyarakat Sumbawa. Disamping masih ada beberapa kecamatan yang mengalami krisis listrik.

Sebelumnya Gubernur NTB, yang diwakili Sekda NTB – Rosiyadi H Sayuti mengatakan, setelah infrastruktur listrik mantap maka industri dan UMKM di NTB benar-benar dapat tumbuh dan berkembang hingga menggapai kesejahteraan masyarakat yang diharapkan. Pembangunan PLTMG ini diharapkan menjadi kenang-kenangan Gubernur NTB untuk masyarakat di akhir masa jabatannya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *