Jelang MTQ Tingkat Provinsi, Sumbawa Latih Qori dan Qoriah

Sumbawa, PSnews – Menghadapi pelaksanaan MTQ ke XXVII Tingkat Provinsi NTB Tahun 2017, para Pelatih serta Qori dan Qoriah Kabupaten Sumbawa diberikan pelatihan. Guna memberikan pemahaman yang komprehensif kepada kafilah-kafilah Kabupaten Sumbawa sehingga dapat menghasilkan kafilah-kafilah yang berbobot dan mampu bersaing pada MTQ di Kabupaten Bima mendatang.

Demikian laporan Kabag Pemerintahan Setda Sumbawa – Syahabuddin pada pembukaan kegiatan dimaksud. Peserta pelatihan sebanyak 33 orang yang terdiri dari pelatih 7 orang dan qori/qoriah sebanyak 26 orang. Adapun pelatih pada pelatihan ini adalah berasal dari LPTQ Provinsi NTB satu orang dan 2 orang dari Kementerian Agama Sumbawa.

Sementara Bupati Sumbawa dalam sambutan yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra – H. Muhammad Ikhsan menyatakan, pembibitan calon qori/qoriah sangat strategis dan penting dalam rangka membangun generasi muda Islam yang Qur’ani. Selain memberikan motivasi kepada anak-anak sejak dini dalam belajar seni baca dan tulis Al-Qur’an serta pemahaman terhadap Al-Qur’an, kegiatan ini juga bertujuan bagi upaya pembibitan calon qori/qoriah yang memang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan fundamental dalam rangkaian persiapan kafilah kabupaten sumbawa dalam menghadapi ajang Seleksi Tilawah Qur’an (STQ) maupun Musabaqah Tilawah Qur’an (MTQ) secara keseluruhan. Adanya pelatihan ini akan meningkatkan kualitas kemampuan dan menyiapkan mental serta jiwa para qori/qoriah kita agar nantinya siap menghadapi ajang STQ maupun MTQ di Tingkat Provinsi, Tingkat Nasional bahkan Tingkat Internasional.

Hal terpenting yang perlu diingat yakni adanya proses pembinaan yang harus dilakukan secara kontinuitas, kesinambungan dan sistematis, agar semua pihak dapat meraih hasil yang maksimal dari pelaksanaan program pembinaan tersebut. Untuk itu pembinaan harus dilakukan dari level yang paling bawah agar semakin banyak bibit-bibit unggul yang dapat dihasilkan dari proses tersebut. ‘’Saya melalui kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh semua pelatih dan peserta  untuk menyiapkan sumberdaya yang mampu meningkatkan mutu pembinaan yang dilakukan sehingga nantinya mampu meningkatkan kualitas para peserta STQ/MTQ baik itu kepada qori’/qori’ah maupun para pelatih dan dapat memaksimalkan kesempatan ini untuk giat berlatih dengan sungguh-sungguh serta menambah pengetahuan dan wawasan agar dapat memberi dampak yang cukup signifikan pada penampilan qori/qoriah di ajang MTQ Tingkat Provinsi yang akan datang,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *