BNNK Tes Urine Para Sopir Bus Angkutan Mudik

Sumbawa, PSnews – Para sopir bus di Terminal Sumer Payung Kabupaten Sumbawa mengikuti tes kesehatan dan tes urine. Hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan penumpang bus, serta menekan angka kecelakaan saat arus mudik 2017.

Demikian diungkapkan Kepala BNNK Sumbawa – AKBP Syirajuddin Mahmud kepada media ini Rabu (21/6/2017). Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun selama arus mudik lebaran. Diharapkan seluruh sopir bebas dari pengaruh narkoba. ‘’Jika ada sopir bus yang positif, akan kita cegah untuk mengendarai kendaraan,’’ ujarnya.

Dalam kegiatan ini, BNNK Sumbawa menggandeng Dinas Perhubungan Sumbawa. Sebelum dilakukan tes urine, pihak Kepala BNNK terlebih dahulu memberikan sosialisasi terkait bahaya narkoba kepada para sopir bus, organda dan pegawai Dishub Sumbawa. Setelah itu baru dilakukan tes urine kepada para peserta yang hadir. Tidak hanya sopir bus yang dites urine, tapi juga petugas Dishub dan juga pihak organda. ‘’Ada 26 orang yang kita tes urine. Alhamdulillah tidak ada yang positif narkoba,’’ tukasnya.

Disisi lain, terkait penanganan penyalahguna narkoba di Kabupaten Sumbawa, dari BNNK Sumbawa terbentuk hingga saat ini sudah ada 37 penyalahguna yang melaporkan diri untuk dilakukan rehabilitasi. Dari jumlah itu, baru empat orang yang sudah dibawa ke balai damping di BNNP NTB, untuk kegiatan pasca rehabilitasi. Disana mereka mendapat pelajaran agama, pelajaran keterampilan sesuai bakat dan hobi masing-masing. ‘’Selama dua bulan berada di balai damping. Mereka yang dibawa ke balai damping ini sudah membaik kondisinya atau sudah tidak ketergantungan. Kemauan yang empat ini untuk sehat itu tinggi. Alhamdulillah bisa berubah,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *