Penghinaan Berbau Rasis, TGB Minta Warga NTB Tidak Emosi

Mataram, PSnews – Penghinaan berbau rasis terhadap Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH M Zainul Mazdi oleh warga DKI Jakarta Steven Hadisurya Sulistyo berdarah Thionghoa di Bandara Changi Singapura menjadi viral di media sosial dalam satu hari terakhir. Para netizen khususnya warga NTB ikut merasa terhina atas ucapan Steven yang menyebut TGB dengan kata “tiko“. Belakangan setelah ditelusuri oleh TGB ternyata ‘tiko‘ itu bermakna ‘ti‘ = babi dan ‘ko‘ = anjing. Berita tentang penghinaan tersebut kemudian menjadi vilar di media sosial. Tentu saja berita sensitive ini mendapat reaksi pedas dari masyarakat NTB. Apalagi orang yang dihina tidak sekedar menjabat Gubernur NTB, melainkan juga sebagai tokoh karismatik pimpinan Ormas terbesar di NTB yakni Nahdlatul Wathan (NW). Komentar bernada keras ditujukan pada oknum warga DKI berdarah Tionghoa yang sedang kuliah di Singapura tersebut.

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi yang diminta tanggapannya selepas Shalat Jumat Jumat (14/4-2017) di Mesjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB, menyampaikan beberapa hal terkait ‘penghinaan’ atas dirinya dan keluarga ketika melakukan perjalanan kembali dari Singapura.
Gubernur mengakui penghinaan terhadap dirinya seperti yang tersebar di medsos itu benar adanya. Meski demikian, ia menghimbau seluruh warga NTB untuk tidak terprovokasi, tidak emosi atas hal tersebut. “Saya tidak dapat melarang orang marah, hanya saja saya ingin menyampaikan bahwa agama mengajarkan kita untuk senantiasa menjadi pemaaf. Saya berharap warga NTB tetap tenang dan tidak ada reaksi lain yang dekat dengan maksiat,” imbau Gubernur yang biasa disebut Tuan Guru Bajang (TGB).

Saat diwawancara TGB menyampaikan dengan sangat datar, yang diikuti dengan penyampaian firman Allah SWT dan tuntunan yang dipraktekkan Nabi Muhammad SAW begitu teduh dan nyaman untuk didengarkan.”Mari kita tetap menjadi NTB yang Aman dan NTB Bersahabat,” pungkas Ulama kebanggaan warga NTB ini. (PSbo)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *