Jelang Kedatangan JK, Dilaksanakan Gelar Pasukan Pengamanan VVIP

Sumbawa, PSnews – Menyambut kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia – Jusuf Kalla ke Kabupaten Sumbawa yang dijadwalkan pada Rabu 20 Juli 2016, jajaran TNI/Polri mengadakan Gelar Pasukan pengamanan Very-Very Important Person (VVIP) di halaman Kantor Bupati Sumbawa Selasa (19/7/2016).

Danrem 162/Wirabhakti Kolonel Inf. Farid Ma’ruf MA yang membacakan amanat Panglima Kodam IX/Udayana menyampaikan, rencana kunjungan Wapres RI beserta rombongan dalam rangka Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Saidah di Pondok Pesantren Modern Internasional Dea Malela yang merupakan milik salah satu tokoh nasional asal Sumbawa Din Syamsuddin. Selain itu juga akan memberikan Kuliah Umum di Universitas Samawa, serta mengadakan pertemuan dengan Presiden Direktur PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Kolonel Inf. Farid Ma’ruf MA
Kolonel Inf. Farid Ma’ruf MA

Selama Wapres RI beserta rombongan berada di Nusa Tenggara Barat (NTB), jajaran TNI/Polri diharuskan untuk memberikan pengamanan VVIP secara serius. Walaupun pengamanan VVIP sudah sering dilaksanakan bersama, baik pada event nasional maupun internasional sebelumnya. Namun dalam setiap pengamanan VVIP harus tetap diperlakukan sebagai operasi baru.”Segala sesuatu harus betul – betul disiapkan mulai tahap awal sampai dengan akhir, dan tidak ada istilah rutinitas dalam pengamanan VVIP kali ini,’’ tuturnya.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan ini tidak hanya bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan, baik secara perorangan maupun satuan sesuai prosedur tetap pengamanan VVIP yang berlaku, tetapi juga memastikan tegaknya sinergitas dan kerjasama yang baik diantara semua unsur pengamanan yang terlibat. Selain itu, apel gelar pasukan juga hendaknya dijadikan sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya apabila terjadi hambatan, maka segera dapat diatasi dengan sebaik – baiknya.
Kodam IX/Udayana selaku Koops Pam VVIP wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama – sama Polda, Pemerintah Daerah setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara maksimal. Untuk itu, kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai Komando harus selalu dikoordinasikan sehingga daya kerja menjadi efektif dan efisien. Dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab, rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan serta sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat tercapai secara optimal.

“Saya perintahkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Satgas Pengamanan agar memahami dan menguasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing – masing, pegang teguh disiplin dengan memahami rantai komando yang efektif dan efisien, lakukan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait dan laporkan dengan segera bila terdapat kejanggalan dalam pelaksanaan tugas,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *