Daerah Terpencil Bakal Miliki Jaringan Telekomunikasi

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa merupakan daerah terluas di antara 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan topografi yang sebagian besarnya terdiri dari pegunungan, semakin mempersulit akses telekomunikasi khususnya di wilayah desa terpencil.

Mengingat pentingnya akses telekomunikasi ini, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sumbawa sedang menyusun dokumen terkait hal tersebut, untuk kemudian diusulkan ke Pemerintah Pusat. Sejumlah daerah tepencil di Kabupaten Sumbawa bakal mendapatkan jaringan telekomunikasi.
Kepala Dishubkominfo Sumbawa – Burhan kepada Pulau Sumbawa News Jumat (17/6/2016) menyebutkan, sejauh ini ada beberapa kecamatan yang belum memiliki jaringan telekomunikasi, seperti di Kecamatan Orong Telu, Ropang dan beberapa daerah terpencil lainnya. “Walaupun Ropang sudah ada, tapi belum maksimal, sehingga akan kita usulkan lagi,’’ terangnya.

Terhadap hal ini, pihaknya mengusulkan pembangunan sarana telekomunikasi melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI. Apalagi di Kementerian ada dana Coorporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan menara telekomunikasi, yang dilakukan melalui program Universal Social Obligation (USO) atau kewajiban pelayanan publik untuk bidang telekomunikasi.

Dilanjutkan, kemungkinan proses dari pembangunan tower ini tendernya langsung dilakukan di pusat. Sehingga diharapkan ini dapat terealisasi pada 2017 mendatang. “Sudah kami usulkan, tapi sejauhmana belum ada jawaban dari pusat,’’ demikian Burhan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *