Bupati : Tidak Ada Aspirasi yang Tumpang Tindih

Sumbawa, PSnews – Hasil reses dalam menyerap aspirasi rakyat yang dilakukan 45 Anggota DPRD Sumbawa beberapa waktu lalu diparipurnakan pada Senin (21/3/2016). Di sisi lain, Pemkab Sumbawa bakal menggelar Musrenbang Kabupaten yang juga intinya menyerap aspirasi masyarakat mulai dari tingkat desa hingga kecamatan. Dengan begitu, dikhawatirkan akan terjadi tumpang tindih realisasi, dari aspirasi yang diserap Dewan dan hasil Musrenbang Pemda.

Terhadap hal ini, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril yang dimintai tanggapannya usai menghadiri sidang paripurna DPRD Sumbawa menyatakan, tidak ada yang tumpang tindih. Pasalnya permintaan masyarakat jelas ditujukan kepada Pemerintah. Hanya saja, itu disampaikan melalui Reses Dewan atau Musrenbang Pemda. “Kalau dikatakan tumpang tindih, saya kira tidak. Kan sumbernya sama. Kalau misalnya ada aspirasi yang tertinggal saat Reses, mungkin bisa disampaikan di Musrenbang. Ketika itu dipadukan, maka akan semakin lengkap usulan masyarakat,’’ terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, dalam aspirasi yang masuk ini baik  melalui reses maupun musrenbang, Pemda akan membuat skala prioritas. Hal itu tentunya sesuai kebutuhan yang mendesak, terkait mana yang wajib disikapi tahun ini, mana yang disikapi pada APBD Perubahan nanti dan selanjutnya.

Bupati memberikan apresiasi atas kegiatan reses yang dilaksanakan anggota DPRD. Hasil yang dilaporkan pun sangat baik di masing-masing Dapil. Itu menjadi catatan bagi Pemda untuk disikapi. Tentunya dipadukan juga dengan hasil Musrenbang mendatang. “Dalam laporan yang disampaikan anggota Dewan tadi, ada beberapa point penting yang saya catat. Kami berterimakasih kepada Anggota Dewan yang membantu kami menerima aspirasi rakyat. Ketika hasil serapan aspirasi masyarakat melalui DPRD dipadukan dengan hasil Musrenbang, maka itu menjadi komprehensif informasi yang kami dengar dan sikapi,’’ demikian Bupati.

Lalu Budi SuryataSementara Ketua DPRD Sumbawa L Budi Suryata menjelaskan, paripurna ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti hasil reses para anggota DPRD di lima dapil. Hasil paripurna reses ini akan dituangkan pada pokok fikiran DPRD, yang kemudian akan disampaikan pada Musrenbang tingkat Kabupaten mendatang. “Paripurna ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti hasil Reses para anggota DPRD di lima dapil. Dari hasil penyampaian laporan di masing-masing dapil, dapat saya simpulkan bahwa aspirasi yang masuk lebih kepada hal-hal yang berkaitan dengan infrastruktur, bidang ekonomi dan sosial budaya,’’ pungkasnya. (Psg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *