Hindari Fitnah, KPU Musnahkan Surat Suara Rusak dan Lebih

Sumbawa, PSnews – KPU Kabupaten Sumbawa secara terbuka memunahkah surat suara yang rusak dan lebih dari kebutuhan, di halaman sekretariat KPU Sumbawa, Kamis (03/12/2015). Pemusnahan tersebut juga disaksikan oleh Kapolres dan komisioner Panwas Kabupaten.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, mengatakan pemusnahan surat suara yang rusak tersebut setelah melalui proses sortir oleh KPU. Sedangkan surat suara yang lebih dari kebutuhan juga ikut dibakar.

Hal tersebut telah sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Di samping pembakaran surat suara tersebut juga untuk menghindari fitnah terhadap KPU.

“Surat suara tersebut harus dibakar untuk menutup fitnah terhadap KPU. Sehingga tidak akan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ucap Syukri.

Surat suara yang dimusnahkan dengan cara dibakar tersebut berupa surat suara yang rusak sejumlah 146 lembar dan kelebihan surat suara sebanyak 950 lembar dari kebutuhan keseluruhan pemilih yang terdaftar dalam DPT sebanyak 331.619 plus 2,5 persen surat suara cadangan.

Menyangkut rencana distribusi surat suara tambah Syukri, mulai tanggal Jum’at (04/12/2015). Dimulai dari Kecamatan yang berada di lokasi yang jauh dan akses transportasinya sulit, seperti Kecamatan Batulanteh, maupun Desa-Desa yang berada di Pulau seperti Pulau Moyo dan Pulau Medang di Kecamatan Labuhan Badas serta Pulau Tapan di Kecamatan Maronge. (PSb)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *