Saluran Drainase di Sumbawa Segera Ditata Ulang

Sumbawa, PSnews – Terjadinya genangan air di sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa, tidak lepas dari adanya penyumbatan pada saluran drainase. Terutama ketika musim hujan saat ini, air tidak dapat mengalir dengan lancar. Untuk itu, Pemkab Sumbawa segera melakukan penataan ulang terhadap saluran drainase yang ada.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa – L Suharmadji Kertawijaya yang ditemui media ini menyatakan, saat ini pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa sedang berupaya untuk merekonstruksi saluran drainase jalan yang ada. Terutama yang mengalami penyumbatan maupun pendangkalan, sehingga aliran air bisa mengalir lancar. “Kita sedang menyusun rencana penataan kembali saluran drainase. Kita buatkan masterlpantnya, maupunpelaksanaan kegiatan konstruksi secara bertahap,’’ terangnya.

Dalam hal penataan saluran drainase ini, Dinas PUPR hanya menangani yang ada di jalan Kabupaten dan Provinsi. Sementara drainase yang ada dilingkungan perumahan dan permukiman, itu menjadi tanggungjawab dinas lain. “Kami sedang menyusun proposal untuk anggaran yang dibutuhkan untuk pembenahan saluran draenase dan sungai yang ada,’’ terangnya.

Sementara terhadap bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah belum lama ini, dan mengakibatkan kerusakan sejumlah infrastruktur yang ada. Suharmadji mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) dan Dinas PU Provinsi NTB. Hal ini dilakukan untuk segera dilakukan rehabilitasi infrastruktur yang rusak. “Untuk sungai di Nijang Kecamatan Untir Iwes, tim dari BWS sudah datang mengecek ke lokasi. Sekarang kita sedang berkoordinasi untuk sama-sama melakukan ekspose ke Pemerintah Pusat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *