Bupati Lantik Satgas Saber Pungli

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa M Husni Djibril melantik 31 anggota tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Pelantikan digelar pada Senin (23/1/2017) di aula lantai III kantor Bupati Sumbawa.

Ke 31 orang tersebut dilantik berdasarkan Keputusan Bupati Sumbawa Nomor 57 Tahun 2017 tentang Pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar di Kabupaten Sumbawa. Dilantik sebagai Ketua Pelaksana yaitu Waka Polres Sumbawa – Kompol Yuyan Priatmaja, Inspektur Kabupaten Sumbawa – H Hasan Basri sebagai Wakil Ketua I, Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Sumbawa – Erwin Indrapraja sebagai Wakil Ketua II. 

Pelantikan di lantai III Kantor Bupati

Bupati  dalam sambutannya menyatakan, tingginya ketidakpastian pelayanan sebagai adanya prosedur pelayanan yang panjang dan melelahkan menjadi penyebab dari semakin banyaknya masyarakat yang menyerah ketika berhadapan dengan pelayanan publik yang korupsi. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang melakukan pungutan liar, yaitu, penyalahgunaan wewenang, faktor mental, faktor ekonomi, faktor kultural atau budaya organisasi, terbatasnya sumber daya manusia, dan lemahnya sistem kontrol dan pengawasan oleh atasan.

Untuk itu, lanjut Bupati, penting diprioritaskan melakukan pembenahan dan perbaikan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. ‘’Ini kami lakukan agar segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi selaku abdi negara maupun abdi masyarakat,’’ tutur Bupati.

Ia pun merasa bahagia, karena akhirnya tim yang tergabung dalam Satgas Saber Pungli Kabupaten Sumbawa dapat dikukuhkan. Satgas ini diyakini akan membantu upaya Pemda dalam memberikan pengawasan terhadap seluruh perangkat daerah, termasuk juga semua institusi negara yang ada di Kabupaten Sumbawa beserta jajarannya, agar terhindar dari perbuatan pungli ataupun tindakan melawan hukum lainnya. ‘’Insya Allah, jika semua berjalan dengan baik sesuai dengan aturan, akan membawa daerah ini menjadi kebanggaan kita dan aparatur di dalamnya akan dicintai oleh rakyat karena telah mempersembahkan pelayanan publik yang baik dan sepenuh hati. Mari kita bangun dan majukan daerah ini dengan memberikan pengabdian dan ikhtiar terbaik sebagai wujud ibadah kita kepada Allah SWT,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *