Lantung Akan Dijadikan Kecamatan Hortikultura

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kecamatan Lantung saat ini sedang mempersiapkan diri menjadi Kecamatan Hortikultura. Bahkan belakangan ini sedang menjalankan kegiatan Emas Hijau, dengan melakukan penanaman pohon buah di setiap desa, termasuk wilayah hutan.

Renacana ini disampaikan Camat Lantung – Iwan Sofian saat ditemui Pulau Sumbawa News, Selasa (3/1/2017). Daerah hulu setiap Desa mulai dibenahi, terutama wilayah hutan setempat. Emas hijau ini maksudnya, masyarakat melakukan penanaman sejuta pohon buah. Dan hal ini pun sudah dibicarakan bersama pihak terkait lainya seperti para Kades, tokoh masyarakat, Kapolpos, Danramil, masyarakat Lantung dan lainnya.
”Persoalan utamanya adalah air. Setelah kami ketemu dengan tokoh-tokoh masyarakat dan Kades semuanya, kita bersepakat kalau wilayah hulu ini kita benahi. Sehingga kita launching kegiatan emas hijau. Kita ingin jadikan Lantung ini Kecamatan hortikultura,” terangnya.

Mengingat hal ini sudah disetujui oleh semua pihak di Kecamatan Lantung, bahkan di tingkat Pemerintahan Desa sudah memasukan ini dalam Musrenbangdes, memutuskan bahwa persoalan utama yang harus diselesaikan di Lantung adalah mencoba menghijaukan seluruh wilayah mulai dari ladang, hingga pekarangan rumah warga. ”Jadi Pemda sudah mensupport agar program hortikultura ini dibawa ke Kecamatan Lantung,” paparnya.

Bahkan, kata Iwan, tiap desa siap menganggarkan untuk mendukung program ini. Dimana masing-masing Desa menganggarkan minimal Rp 80 juta sampai Rp 100 juta, untuk pembuatan demplot buah. ”Yang kami syukuri kekuatan masyarakat ini sangat luar biasa. Begitu pula Kepolisian semuanya bergerak mengadvokasi masyarakat, sehingga seluruhnya bersepakat untuk menghijaukan Lantung. Emas hijau ini kita programkan 2017 – 2021,” tandasnya.

Rudi Satria (kiri), Iwan Sofyan (tengah) dan Aipda Gunawan (kanan)

Kades Lantung – Rudi Satria menambahkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan emas hijau dimaksud. Hal ini juga dinilai bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, karena buah yang dihasilkan nanti bisa dijual. Termasuk dalam upaya menjaga lingkungan sekitar dari bencana banjir maupun kekeringan. ”Kita dari Pemerintah Desa Lantung sangat mendukung kegiatan ini,” tuturnya.

Sementara Kapolpos Lantung – Aipda Gunawan juga mengaku sangat mendukung program emas hijau tersebut. Bahkan sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, terutama soal menjaga keamanan lingkungan.  ”Untuk program ini kita tidak bisa bekerja sendiri. Kita juga berkoordinasi dengan para Kades, Camat, dan lainnya. Dengan adanya program ini, kita juga sudah berkoordinasi dengan masyarakat,” pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *